Lelah Tak Berguna

17 Juni 2009 pukul 21.04 | Ditulis dalam Uncategorized | 26 Komentar

Pengumuman hasil Ujian Nasional tingkat SMA 2009 sudah selesai. Sekitar 3000 siswa dinyatakan tidak lulus di Kalimantan Selatan.

Lalu?

Bagi sebagian kita, 3000 itu sekedar angka, persentase, headline surat kabar, bahan laporan untuk pimpinan ketika rapat Coffee Morning pekan depan.

Bagi saya, 3000 itu siswa pada setiap satuannya. Manusia yang memiliki harapan, mimpi dan akhirnya dihempaskan dengan pernyataan tidak cukup pandai untuk lulus dalam sebuah sistem ciptaan akuntan.

Bagi saya, setiap 1 dari 3000 itu memiliki orang tua yang tercabik antara kekecewaan dan keinginan untuk membuat anaknya tetap tegar. Ada guru yang telah menghabiskan waktu dan hati mereka dalam pengabdian. Ada tangisan, baik ditampilkan maupun dirasakan dalam jiwa dengan kekuatan bertahan yang luar biasa.

Tapi apa?

Entahlah…

Ini di luar kuasa saya.

Saya lelah memikirkannya. Namun lelah saya tak berguna jika hanya untuk itu. Saya ingin lelah yang berguna.

Karena itu, daripada memikirkan hal yang tidak selesai hanya dengan dipikirkan, saya ingin melakukan sedikit apa yang saya bisa.

Sederhana, mungkin saja.

Kebetulan saya mempunyai file e-book buku paket pelajaran untuk tingkatan SMP dan SMA semua kelas, ditambah beberapa e-book lain yang mungkin bermanfaat.

Saya sudah menggandakannya dalam 10 keping CD.

Saya akan membagikannya.

Sekarang yang jadi pilihan adalah, dengan 10 keping CD ini (hanya 10 karena keterbatasan saya dan KETERBATASAN KOMPUTER TUA saya yang akhirnya jebol tadi malam) tentu tidak berarti banyak jika hanya saya bagikan ke 10 siswa atau 10 sekolah.

Karenanya saya mengundang rekan-rekan, khususnya di Kayuh Baimbai, Seribu Sungai, Blogger Banjarbaru Menulis, Blogger Pahuluan dan ANDA, untuk membantu saya.

Bantuan bisa berupa salah satu atau lebih diantara point di bawah:

  • CD kosong
  • Waktu dan Komputer pribadi untuk ‘membakar‘ file ke CD
  • Waktu dan tenaga untuk membagikannya ke siswa/sekolah yang dekat dengan lokasi anda
  • Dana

Saya akan memberikan 10 CD e-book yang sudah saya gandakan ini kepada siapapun yang berminat melakukan point-point di atas. Diharapkan rencana ini dapat berlangsung hingga tahun ajaran baru Juli mendatang dimulai.

Kritik dan saran tentu juga dapat diberikan.

Sementara itu yang dapat saya rencanakan, may the force be with you…

***

Catatan:
Sebenarnya akan lebih bagus jika e-book dapat dibagikan dalam bentuk jadi seperti print-out, tapi sepertinya akan sangat menyulitkan dan memakan waktu dan biaya.

Sementara ini, dengan alasan efektifitas, rencana ini hanya meliputi daerah Kalimantan Selatan, tapi bantuan dari mana saja tentu tetap akan diterima dengan senyum lebar.

26 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hmm….boleh juga tuh idenya..
    saya bisa bentu apa niee??? 😀

    Posting Terakhirnya hera Berjudul Hiraukan SMS ini

  2. @ hera
    lah? Kan sudah saya tuliskan point-point bantuan yang bisa diberikan?

  3. wah saya setuju aksi real seperti ini, mau donk cd-nya, biar ikut bakar-bakaran juga dan trus terang aku suka standar nasional biar kurang waktu luang mejeng di murjani.. 🙂

    Posting Terakhirnya eoin Berjudul Maunjun di Padang Sabat, koler auk 😛

  4. @ eoin
    siap bang.. Kapan dan dimana CD-nya saya serahkan?

  5. Lah, komputernya njebol lagi? Mungkin perlu ganti sel tuh…

    Posting Terakhirnya Amd Berjudul Etika

  6. @ amet
    ganti seluruhnya.. Nunggu gaji ke-14..

  7. masalah cd kosong banyak nih puluhan dikantor nah handak kah hehe :mrgreen:

  8. sip! saya bantu !!!
    Paling kurang saya sediakan 3 unit PC di rumah untuk menggandakannya, dll.
    Nanti kita kontak lebih detil untuk hal lain².

    Posting Terakhirnya pakacil Berjudul Resume Cerita 3 Kata Status FB

  9. memangnya buat skolah mana aja ? kalo yang “Standar Nasional” or “Standar Internasional” ngapain ikut di bagi. Btw, itu untuk pelajaran apa aja ? Semua mata pelajaran ? SMP terbuka di Pekauman (tunas bangsa) bisa merluin tuh kayaknya.

    Posting Terakhirnya mia Berjudul Sukses Tanpa Noda

  10. @ reza
    err.. Kalo CD kantor, dipinjam tanpa ijin.. Takutnya malah dicatat malaikat sebagai korupsi, he..

    @ pakacil
    sip! Sebentar, saya antri ngambil gaji ke-13 dulu, baru kita bicarakan.

    @ mia
    karena itu saya perlu bantuan arahan kemana bagusnya CD e-book ini dibagikan. Niatnya dari awal memang ingin berbagi sahaja, detail efektifitasnya pembagian ini belum sempat dipikirkan. Takutnya saya kelamaan mikir malah batal..

  11. ikut.

  12. @ rolly
    ajak!

  13. Boleh saya ikut bantu? klo boleh saya minta satu copy biar nanti saya perbanyak lagi sendiri semampu saya.. :mrgreen:

    Posting Terakhirnya aidicard Berjudul Saya Senang Sekali

  14. @ aidicard
    siap bos, nanti pas kopdar saya kasihken

  15. berlebihan kah kalo minta di upload untuk bisa lebih tersebar di seluruh penjuru .. ide yang bagus om mansup

    Posting Terakhirnya draguscn Berjudul Kenangan Masa Ko-Ass

  16. @ dr. Agus
    sebenarnya sebagian besar e-booknya didapat justru dari situsnya DEPDIKNAS pak. Sisanya didapat beragam dari beberapa teman dan forum online.

    Hanya saja berlebihan rasanya mengharapkan siswa yang desanya baru kenal listrik tahun lalu dapat mengunduhnya secara lengkap. Makanya saya mau rekan-rekan yang sudah mengencani komputer berabad-abad ini menyisihkan waktu sedikit buat membakar dan membagi.. He..

  17. siap membantu semampunya.. asal dikordinasi dengan baik dan tidak mendadak..!!

    note “bila mau jujur atau kritik jangan di kolom komentar orang ya bro.. langsung ke orangnya saja, nomer dan tempat kerja aq tau kan ?? let’s fair play, be a man…” 😀

    Posting Terakhirnya gusti Berjudul PERMINTAAN MAAF UNTUK MBA NIA

  18. @ gusti
    saya suka yang LEBIH MENDADAK LEBIH BAIK..

    Soal kritik, kapan saya mengritik ente gus? Menyambati rancak..

  19. mantap bos,
    soal cd kosong dan komputer buat burning,
    hubungi saya …

    Posting Terakhirnya warm Berjudul cuci gudang

  20. kayaknya gathering adalah waktu yang pas.. sekaligus membahas tata laksana yang lain-lain berhubungan dengan yang begini-begini

    Posting Terakhirnya eoin Berjudul Angels Vs Human

  21. Aku umpat mambari CD kosong ja gen.
    Nyumbang satu pack CD cukup???

    Kena kuantar ka pal 10 lah!

  22. @ warm & dho
    siap menerimakan.. Eh, itu lain CD ASET PEMDA kan?

  23. asli sumbangan diri sendiri.

  24. meraju nah, nuduh saja kaw ini, :devil:
    *simpan kembali koleksi cd kosong dan cd burner*
    ….
    eh, tapi kalo ada aset negara yg bisa digunakan, knapa tidak ya ? buat sesuatu yg berguna ini :mrgreen:

    Posting Terakhirnya warm Berjudul pemulung & kuburan untuk anaknya

  25. *Melirik beberapa komen di atas*

    Panderan internal antar sepupu… :mrgreen:

    Posting Terakhirnya Amd Berjudul Independent Blogging

  26. wah mantap fadil…. jarang2 ada orang kayak kamu. salut bangets..


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

