Blogger-blogger Bahagia

18 Januari 2009 pukul 23.33 | Ditulis dalam Uncategorized | 22 Komentar

Tidak ada ada satupun yang bisa menyiapkan saya untuk ini.

Jumat pagi, saya mengantar mama ke bandara dalam rangka tour ziarah dalam kondisi sehat penuh tawa…

Senin malam, 10 hari kemudian, saya pulang dari bandara menuju rumah dalam mobil ambulan, bersama mama, yang terbaring damai dalam peti mati beliau…

Saya ikhlas kawan. Insya Allah, saya ikhlas hingga batas maksimal yang seorang manusia bisa lakukan.

Tapi sedih ini tentu juga manusiawi.

Saya akan bercerita tentang apa yang saya rasa dan alami ketika menemani mama di saat-saat terakhirnya, tapi lain kali…

Kali ini saya ingin bercerita tentang sisi lain yang muncul dari kenangan tak terlupakan ini.

***

Saya tidak menyangka, blogosphere, sebuah dunia yang saya temukan dan ikuti secara tidak sengaja ini begitu berpengaruh dalam kehidupan saya selanjutnya.

Mengambil kepingan kenangan ketika pertama kali mendapat kabar mama sakit dan dirawat di Rumah Sakit di Solo.

Mencari tiket pesawat Banjarmasin – Jogja untuk berangkat di hari yang sama pada pekan terakhir desember alias menjelang tahun baru adalah sesuatu yang hampir mustahil.

Namun saya beruntung mengenal Carbone, lelaki baik yang tidak akan pernah saya temui jika saya tidak nge-blog.

Carbone dengan cepat mendapatkan tiket pesawat dengan sedikit memaksa pihak maskapai membuka seat baru, dan sukarela mengantarkannya ke rumah saya tanpa imbalan apapun!

Akhirnya, senin sore itu saya berangkat ke Jogja.

***

Tiba di jogja, saya dijemput Antobilang dan Ekowanz, dedengkot CahAndong yang sudah terkenal dengan kesetiakawanan mereka.

Anto dan Eko menemani saya ke stasiun dan membantu membelikan tiket kereta ke Solo. (Seumur hidup itu sekali-kalinya saya naik kereta api, SAYA NAIK KERETA API SODARA-SODARA!)

***

Tiba di Solo, mendapati mama ternyata terserang stroke. Pendarahan di bagian tengah otak yang membuat beliau tidak sadar sejak 20 jam yang sebelumnya.

Panik, saya menerobos penjagaan perawat di ruang ICU dan menemukan mama ternyata belum mendapat perawatan dokter spesialis.

Separuh marah separuh bingung, saya akhirnya menghubungi chika, meminta nomer kontak CakMoki, dokter kita itu.

Selain konsultasi dengan Cakmoki, saya juga berhubungan dengan Dr. Mina dan Yetty Sarah untuk bertanya tentang sakitnya mama.

Keterangan-keterangan mereka cukup membuat saya memahami apa yang terjadi dengan mama.

Lalu setelah 30 jam berikutnya dokter spesialis saraf belum juga hadir memeriksa mama, saya dan Abah yang juga ada di sana memutuskan untuk memindah mama ke Rumah Sakit Panti Rapih di Jogja.

Entah kenapa, saya merasa di Jogja saya akan lebih tenang dibandingkan di Solo. Mungkin karena di Solo, saya tidak kenal siapa-siapa.

***

Sesampainya di Jogja, 3 dokter spesialis langsung menangani mama.

Selama seminggu mama di rawat di Jogja hingga akhirnya, pada Senin, 5 Januari 2009 wanita terhebat di dunia saya ini menghembuskan nafas penghabisan tepat di depan saya, Abah dan adik-adik saya yang tiba dari Banjarmasin sehari sebelumnya.

Selama mama dirawat dan hingga akhirnya pergi, tidak terhitung sms dan telpon berisi doa, dukungan, dan kunjungan dari rekan-rekan blogger.

Dan saya beri tahu, dukungan-dukungan itu sangat berarti bagi seseorang yang sedang dalam posisi saya saat itu.

Ada Hera yang cukup intens menemani saya saat menunggui mama di Rumah Sakit hingga bahkan mengantar kepulangan kami dan jenazah mama di Bandara.

Ada rekan-rekan CahAndong yang juga datang saat mama masih di rawat dan juga saat dimandikan.

Ada Antobilang, Ekowanz, TikaBanget, Choro, Gage, Pangsit, dan lainnya, banyak bangets, saya sampai lupa, sungguh!

Belum lagi sms dan telpon dari Chika, Siwi, Joe, Hana, Alex, Bu Guru Nana, Astieblue, Caplang…

Lalu juga teman-teman Kayuh Baimbai yang supportnya bahkan tak terkatakan. Pakacil, Anna, Sofa, Carbone, Harie, Chandra, Amed, Farid, Syafwan, Mina, Sarah, Juli, Nia, Widiya, Bowo, Cumie, Al, Yulian, Gusti dan semuanya.

Saya tidak bisa menumpahkan perasaan saya ketika kalian semua bahkan menunggu menemani saya hingga jam 2 pagi pada malam mama dimakamkan…

***

Saya senang sudah jadi Blogger, sungguh!


Link terkait:
CahAndong
Para Tukang Kayuh

22 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. saya juga senang menjadi teman kamu, Dil…

    maaf cuman bisa sms dowank… ndak bisa nemenin pas di jogja…

    Posting Terakhirnya chiw Berjudul Lucy Part two

  2. Senang juga punya kamu chiw.. Saya tau saya bisa minta tolong kamu kapan saja.. Makasih juga dukungannya..

  3. Hanya sebatas sms dan doa yang bisa kuberikan dil…maaf ngga bisa datang ke rumah..!

    Posting Terakhirnya Aap Berjudul Aku, Blog dan Komunitas Blogger Kayuh Baimbai

  4. @ Aap

    Sangat berarti Boss, sangat berarti,,, :*:

  5. akhirnya mansup posting juga, aku terharu baca postinganmu .. hiks

    semangatz ya mansup ..

    Posting Terakhirnya nia Berjudul Dan setahun sudah untukmu

  6. Saya tau persis bagaimana rasanya kehilangan. Kejadian itu sudah 8 bulan berlalu. Tapi masih terekam kuat diingatan saya..
    Yang sabar ya dil… Manusia Super juga manusia kan??, sedih itu manusiawi.. Dan percaya kok kalau kamu memang sanggup bertahan pada batas maksimal manusia… 😉

    Posting Terakhirnya Sarah Luna Berjudul Ulang Tahun SKY Radio yang ke- 3

  7. Semangaat….!!

    Suatu hari saya akan mengalaminya juga…dan…semoga siap nantinya…
    Amien..

  8. Hal…yang hampir mirip dengan peristiwa yang saya alami
    bersama Alm mama dan papa….heeemmmm..
    ya memang kebersamaanlah yang bisa membuat kita bersatu dan kuat, senasib sepenanggungan, seiya sekata…truss…
    apalagi..ya….itu aja deh dulu…he..he..😀

    Posting Terakhirnya yulianbjm Berjudul Bergabung…..

  9. Sabar bro yach… seperti kata-kata aq kepada semua temen2 dan sodara seperjuanganku…

    Don’t worry and don’t forget, Your Never Walk alone..

    😉

    Posting Terakhirnya gusti Berjudul Makna Dari Sebuah Perayaan..

  10. Maaf cm bs sms ajah… & maaf ga datang kemarin.. semua merupakan pelajaran yang paling berharga bagi kita. Aku ga bisa bayangkan gimana kalo terjadi padaku..

    Posting Terakhirnya anna Berjudul Maximum Ride: School’s Out-Forever

  11. saya terharu sekali membaca tulisan yang ini. Ini bukan tulisan biasa. Tulisan pena hati tepatnya. Saya tidak pernah mengenal wanita yang melahirkan anda. bertatap muka pun tak pernah. Tapi entah kenapa saya merasa begitu dekat dengannya malam itu, seperti melihatnya tersenyum sambil menepuk pundakmu bang. Seolah beliau mengatakan; ini anakku tercinta. Semoga ketabahanmu dapat ku contoh, karena aku tak tahu kapan aku akan mengalami takdir serupa.

    Salam hangat selalu.
    Semoga menang kontest dan mendapatkan manusiasuper.net👿

    Posting Terakhirnya syafwan Berjudul Menunggumu

  12. maaf kalau cuma kasih ucapan lewat blog, saya tak tahu nomor hpmu, sungguh…

    Posting Terakhirnya itikkecil Berjudul Itikkecil and a domestic violence

  13. @ Gusti

    Your Never Walk alone

    Hmmm… somewhat feels strange…

    Posting Terakhirnya Amed Berjudul Sekadar Polling Untuk Gaza

  14. sungguh ! membaca postinganmu airmataku jadi berlinang. Mengingatkan peristiwa yg kualami 11 tahun yg lalu. peristiwanya hampir sama. Ayahku yg meninggal tanpa sempat aku menyaksikannya. Saat itu tahun 1998 maskapai penerbangan belum sebanyak spt skrng, dan Belum ada Jurusan BJM-JOGJA yg langsung. Berkat bantuan teman di Bandara akhirnya aku bisa mendapatkan tiket pesawat, meski harus transit SUrabaya. Tapi tetap saja aku terlambat untuk bisa menyaksikan wajah ayahku meskipun sdh meninggal. sampai rumah di Jogja, ayahku sdh dikuburkan.

    Posting Terakhirnya Refa Berjudul Para Penghianat

  15. blogsphere, dunia tak berbatas nan ajaib dan indah

    Posting Terakhirnya Pakacil Berjudul Aruh Blogger Resmi dimulai !

  16. Jadi terharu membaca tulisanmu sup. Orang baik hati emang temannya orang yang baik2 juga.

  17. gak salah banget nih tulisan terpilih di radar.

  18. Salam kenal mas..
    setelah baca postingan diatas.. saya turut b’duka. . .

    http://www.rhomiezf.wordpress.com

  19. kena kena beacaraan jangan malam malam lagi. kesian kawanan nang mendatangi, bukil ke rumah jam setengah empat subuh…

  20. Turut berduka om,
    Maap telat,baru tau

  21. sabar ya

    Posting Terakhirnya yetty Berjudul Pengkhianat cinta

  22. baru baca postingan ini…

    maaf ya dil tidak bisa membantu banyak. cuma bisa sms dan telpon. sekarang mama kamu sudah tenang. senyum ya dil…

    Posting Terakhirnya cK Berjudul Hayo Ngaku!


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

