Sejarah Blog

27 Oktober 2008 pukul 22.40 | Ditulis dalam Uncategorized | 44 Komentar

Sejarah sebuah blog

Berawal dari membaca buku yang diterbitkan berdasarkan isi blog milik Raditya Dika, akhirnya seorang anak manusia bernama Saya tertarik untuk memulai aktivitas menulis di weblog.

Postingan pertama saya bertanggal 4 maret 2006. Mengambil jatah gratisan di blogspot, dengan nick manusiasuper saya menulis. Isi postingnya masih sama seperti sekarang tentang aktivitas harian, cerita tidak bermutu dan beberapa ide tidak penting.

Beberapa komentator pertama yang singgah diantaranya dari seorang cewek bawel, yang sepertinya kasian dengan tulisan tidak bermutu lelakinya. Lalu ada Lina yang juga menjadi blogger pertama yang menaruh link manusiasuper di blogroll-nya, berikut ada sang Wadehel *saya menjura kepadanya*, dan Amed yang akhirnya ikut membuat blog di allthaticantleavebehind.

Pada pertengahan tahun 2006, Saya menemukan blog Enda Nasution mantan Bapak Blogger Indonesia. Membaca tulisan-tulisan Enda, saya menyadari, ternyata Blog memiliki banyak makna. Bukan sekedar tulisan bernuansa pribadi atau hanya diary yang dibaca orang banyak.

Blog ternyata bisa merubah banyak hal. Sebuah tulisan bisa menjadi inspirasi banyak orang. Blog menjadi batu lompatan untuk mengenal berbagai manusia luar biasa.

Akhirnya saya serius melakukan aktivitas blogging. Mulai dari merubah gaya tulisan dari lo – gue menjadi lebih resmi, hingga memutuskan beralih layanan dari blogspot ke wordpress pada tahun 2007.

Peralihan saya dari BS ke WP ini cukup seru. Berawal dari Amed yang sudah pindah lebih dulu, lalu mulai meracuni saya untuk ikut pindah ke Wordpres. Awalnya saya bersikeras tidak pindah, selain terkenal dengan kesetiaannya, saya memang kurang begitu suka dengan hal yang baru, yang memerlukan penyesuaian lagi.

Setelah mendaftar pada 12 Desember 2006 di layanan Matt ini, manusiasuper.wordpress.com sempat tidak diurus hingga maret 2007. Saat itu akhirnya saya memutuskan pindah dengan alasan yang sudah saya tuliskan di sini.

Mulai dari sinilah saya terbenam lebih dalam pada keasyikan blogging. Mulai dari pertemuan dengan teman-teman sevisi dan senior berisi seperti Antobilang, Chika, drg. Evy, Mbo Venus, Cakmoki, Hana, Geddoe, Gun, So Toma, Joe, Bang Aip, Ferry Tobing, Deking, Alex, dan banyak lagi lainnya, hingga pertempuran setingkat ksatria jedi vs lord voldemort tahun itu (heh??).

Lalu pada pertengahan tahun 2008 ini, saya dapat hadiah dari mas Iwan, sebuah domain dan hosting gratis karena penghargaan beliau atas posting saya yang berjudul Berhenti Mencaci Indonesia.

Jadilah saya sekarang berada di sini, di manusiasuper.com.

Sepanjang perjalanan saya di blog, banyak yang terjadi, selain hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Mulai dari kopdar pertama dengan Mina, yang pada dasarnya hanya tukar menukar koleksi novel. Ketemu Pak Urip (yang baru dapat Award) dan Bang Eby di Banjarmasin. Lalu berangkat ke Jogja, menemui Antobilang dan kawan-kawan CahAndong. Hingga patah hati dan mati untuk kemudian hidup lagi

:mrgreen:

Dari blog saya dapat tambahan beberapa koleksi buku, dikirim oleh yang tersayang venus dan hadiah ultah dari mina, lalu ada juga yang terbaru, sebuah CD Soundtrack laskar pelangi dari blogger yang tidak mau disebutkan namanya karena takut dibajak blogger lainnya. Lah saya pernah ngasih apa? Saya ngasih stiker garfield buat Rizma

😛

Saya juga sempat mencatat perkembangan blog di Kalimantan Selatan. Mulai dari minimnya wawasan saya, menganggap blogger Kalsel hanya 3 orang, hingga pertemuan di Rumah Mas Harie yang menjadi tonggak berdirinya komunitas blogger kalsel Kayuh Baimbai.

Mengenang betapa menderita Saya, Amed dan Mas Harie makan kripik sambil melihat orang pacaran di taman banjarbaru, ketika membicarakan target menambah peserta pada lomba blog di Banjarmasin. Saya stress waktu itu, mengutuk minimnya blogger kalsel.

Hingga sekarang, akhirnya banyak blogger kalsel yang saya kenal. Teman-teman di Kayuhbaimbai dan Kasturi Banjar. Pak Hamdan dan Tim di Telkom Banjarmasin, para Duta Internet, dan banyak blogger lainnya, di sini, di sana, di mana-mana…

Akhirul posting, saya hanya ingin mengucapkan,

SELAMAT HARI BLOGGER INDONESIA, SAYA BANGGA SUDAH NGE-BLOG!

44 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. selamat hari blogger nasional, baby! nice to know there are people as nice to know as you *hugs*

    Posting Terakhirnya venus Berjudul my funny friends, and a box of chocolate

  2. @ Venus
    Mboo… Kangeennn…. Halah… *ditimbun kaos bekas*

  3. Melihat begitu banyaknya nama saya disebut di sini, saya baru sadar kalau ternyata saya begitu berarti bagimu, sayang… 😳

    Posting Terakhirnya Amed Berjudul Masygul?

  4. selamat hari blogger pula.
    mohon maaf lahir dan bathin.
    😀

    *lirik komen Amed*
    hemm….

  5. @Amed
    sadar2 pak cukup satu orang saja yg suka dengan laki-laki.

    Posting Terakhirnya ilamona Berjudul I Hate To Say I Always Love U

  6. @ Amed

    @ Pakacil
    Berasa agustusan, pake maaf lahir batin

    @ ilamona
    Cukup ente? Begitu?

  7. jadi kapan kita kopdar ? *halah*
    riwayat hidup yang mengenaskan…

  8. Untung dirimu batal mati Sup…

  9. *lirik komen diatas*
    @maed: hmm…ternyata oh ternyata…
    @ itikkecil: kok untung? musibah tuh… hihihi..

    “selamat hari sumpah pemuda….!!” hehehe….

    Posting Terakhirnya hera Berjudul Celebrate of Culture Unity Yogyakarta 1956-2008

  10. selamat mas,kapan makan2nya

    Posting Terakhirnya ichal Berjudul dulu bersumpah..sekarang menyumpah

  11. Dah lamaa ya… tapii tidak ada kata terlambat buat saya.. Hehhehe.. *maksut nyaaa…*.. Ikutan Nge Blog maksud saia… Selamat juga deeh…

    Posting Terakhirnya Sarah Luna Berjudul Kamu..

  12. Selamat Hari Blogger Nasional! *telat*

  13. kapan acara syukurannya?

  14. Mungkin mas Mansup bisa dinobatkan jadi Bapak Blogger Kalsel 😀

    Posting Terakhirnya Catshade Berjudul Laki-Laki itu Ternyata Seperti Anjing…

  15. saya baru aja buka blog..hm..

  16. @ warmorning
    Iya ya pak, kita belum pernah kopdar…

    @ itikkecil
    Saya juga bersyukur 😛

    @ hera
    Ah, kamu pasti senang juga kan?

    @ ichal
    Makan-makan minimal 2 kali sehari mas

    @ Sarah Luna
    Tidak ada kata terlambat, bener itu neng

    @ GoenRock
    Selamat Hari Rabu!

    @ Manganju Luhut
    Menunggu sponsor mas

    @ Carshade
    *cleguk*

    @ the 2nd
    Selamat datang, selamat menumpahkan ide

  17. *baca komen Catshade*

    Mansup for “Bapak Blog Kalsel”… 😮

    All hail ManSup… :mrgreen:

    Mengenang betapa menderita Saya, Amed dan Mas Harie makan kripik sambil melihat orang pacaran di taman banjarbaru, ketika membicarakan target menambah peserta pada lomba blog di Banjarmasin. Saya stress waktu itu, mengutuk minimnya blogger kalsel.

    Lihat, ini perjuangan penuh darah dan airmata demi kemajuan blogger Kalsel. Sudah tentu ManSup layak dinobatkan sebagai Bapak Blog Kalsel!! 😈

    *dilempar ke jurang*

    Posting Terakhirnya sora9n Berjudul Doh…

  18. @ Sora-kun
    *cleguk.. cleguk..*

    Celakanya, dua dari dua teman saya di atas itu sudah kawin, tinggal saya yang merutuki keperjakaan ini sambil memandang orang pacaran… :mrgreen:

  19. Kapan KAwin??? 😀 **ga nyambung… minggattt…**

    Posting Terakhirnya anna Berjudul Eclipse

  20. @ Anna
    Kawin? Itu kan hanya untuk yang normal…

  21. kopdar gak pernah, modar sering 😀

  22. Wah ini sekalian menuliskan sejarah mulai nge-blog manusia super, mantab perjalanannya, Mas…

    Posting Terakhirnya sapimoto Berjudul Maseko, Nominasi Best Weblog Bahasa Indonesia

  23. @ warmorning

    @ sapimoto
    Terima kasih Pi.. *bingung manggilnya*

  24. “selain terkenal dengan kesetiaannya” <— 🙄

    Posting Terakhirnya mina Berjudul [Blog Action Day 2008]: Kemiskinan dan Tuberkulosis

  25. oh ternyata itu sebabnya kenapa amed terganggu sekali waktu aku nulis komen bahwa “mansup dan sandi pacaran” 😀

    Posting Terakhirnya mina Berjudul [Blog Action Day 2008]: Kemiskinan dan Tuberkulosis

  26. @ mina
    ada yang salah dengan kesetiaan saya? Sudah teruji dan terbukti ko..

    Soal amet, yah, mau apa dikata, masalah hati memang rumit..

  27. dalam rangka hari blogger ya? si harie emang blogger kok 😀 😀

    Posting Terakhirnya hariesaja Berjudul Kemping Blogger; kenangan itu tak semuanya bisa diceritakan

  28. @ Mina

    Kapan ya saya terganggu? Udah lupa tuh… 🙄

    Posting Terakhirnya Amed Berjudul Masygul?

  29. gue ngga disebut…

    😥

    Posting Terakhirnya chiw Berjudul back online dan satu tahun ehem

  30. @amed: masak harus dimunculin linknya di sini? 👿

    Posting Terakhirnya anna Berjudul Eclipse

  31. eh itu, di atas aku lupa log out hihihi, pake loginnya anna :mrgreen:

    Posting Terakhirnya mina Berjudul [Blog Action Day 2008]: Kemiskinan dan Tuberkulosis

  32. 😛 hai … salam kenal SuperMan
    selama di jakarta berkali-kali Mas Helge bercerita tentang anda … saya benar-benar salut atas perjuangan anda
    benarkah anda sekarang menjadi seorang guru ?

    semoga bisa menjadi guru yang juga blogger sejati

    salam dari Palangka Raya ….

    Posting Terakhirnya rudyhilkya Berjudul Aku Bicara

  33. 😀 skalian promosi blog ampun sorang nah …

    Posting Terakhirnya rudyhilkya Berjudul Foto Kenangan e-Learning Award 2008

  34. saya juga bangga sudah ngeblog

    Posting Terakhirnya cya Berjudul Sabda Dewan Perwakilan Kita

  35. aku juga bangga akhirnya bisa nge blog..
    meskipun satu tahun pertama hanya sibuk mengutak atik theme tanpa membuat satupun postingan 😳

    Posting Terakhirnya @dee Berjudul Jalan Sehat yang “Menguntungkan” …

  36. […] akses informasi antara pusat-daerah, kota-desa, kampus-kampung, sampai google-syaikh, apakah blog, sesuatu yang sudah hampir dua tahun saya geluti ini akan bisa memperbaiki bobroknya arus informasi […]

  37. cuit…cuit…Mansup NARSISlah, walaupun fotonya terlihat antara samping dan belakang intinya tetap NARSIS

    Posting Terakhirnya soulharmony Berjudul Chan SMS siapa ini Chan…..???

  38. *lirik postingan soulharmony*

    setoedjoooeh!! masuP meskipun foto diambil bukan dari tampak depan, tapi NARSIS nya tetep kelihatan…. hohoho 😀 😉

    Oia,, mampir ke blog saya Ya,,, kamu dapat award tuh 😀

    Posting Terakhirnya hera Berjudul AWARD….?

  39. aku juga ngeblog…

    Posting Terakhirnya awym Berjudul Lagi

  40. Mansup.. thanks atas peringatannya kemarin, isi langsung saya revisi daripada tar di demo rantauers hehehe…
    Radit memang banyak menginspirasi banyak blogger… termasuk daku :))

    Posting Terakhirnya sandi Berjudul Go Around Rantau…

  41. kalo aku dikasih apa dunk?

    Posting Terakhirnya yesa Berjudul this year is yours

  42. tulisan anda sangat luar biasa, ia punya dimesi semangat dan keyakinan bahwa semua hal yang besar diawali dari sebuah niat yang tulus.seandainya saya ada kesempatan tuk hadir dalam PB 2008, sungguh saya ingin ertemu dengan orang2 positif seperti anda.namun sayang saya tak punya kesempatan untuk itu

    Posting Terakhirnya Ivan Berjudul One Of Messenger From Allah

  43. ehemmmm… saya jg memutuskan tuk nyemplung ke dunia Blog… :mrgreen: masih dalam tahap belajar sieehh… mohon bimbingan na yaaa… 😉

    Posting Terakhirnya benkyongeblog Berjudul Seger na batimung….

  44. Kunjungan Blog Regedit, Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. O iya… Boleh saya minta komentar dari teman untuk artikel di blog saya? Kalau Boleh Kunjungi blog saya ya hari ini saya baru posting artikel tolong komentarnya kalau bisa komentarnya berkaitan dengan artikel yang di pilih teman. Ini alamatnya : http://regedit.blog.telkomspeedy.com/ terima kasih banyak satu lagi kalau mau tuker link masukan saja link teman di Guest Book insya Allah swt besok langsung saya pasang link teman.


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

