Cita-cita

25 September 2008 pukul 21.15 | Ditulis dalam Uncategorized | 30 Komentar

“Cita-citamu yang sudah tercapai apa Dil?”

Sebuah pertanyaan dari seseorang yang baru saya kenal itu membuat otak saya sedikit bekerja. Bukan bingung, tapi memang cita-cita saya banyak.

Cita-cita bagi saya bukan hanya soal pekerjaan.

Cita-cita bukan sekedar mimpi yang kalau tercapai syukur kalau tidak tercapai cari cita-cita lain yang mudah tercapai. Itu seperti kucing yang kepalanya tertutup plastik hitam. Gelap, namun ingin terus bergerak.

Cita-cita adalah target, penguat niat pendorong usaha pembuka doa.

JADI CITA-CITA ENTE APAAA??? Malah ceramah tanpa ayat!

Maaf, maaf…

Cita-cita saya seperti yang saya bilang, banyak. Mulai dari yang sederhana, ingin jadi apa saya sebenarnya. Banyak yang saya ingin lakukan, sebagian sudah terkabul, sebagian lagi masih perlu usaha.

  • MAHASISWA

Ya, saya pernah berniat jadi mahasiswa. Menuntut ilmu tanpa perlu memakai seragam. Merasakan atmosfir edukasi sebenarnya, di mana kelas yang saya masuki adalah kelas yang memang ingin saya masuki.

Tercapai?
Status mahasiswa tanpa seragamnya tercapai. Melalui jalur cepat alias PMDK. Jadi saya tidak pernah merasakan ketegangan UMPTN/SPMB. Tapi atmosfir keilmuannya masih kurang. Masih ada kekecewaan dengan beberapa pemberi ilmu, kualitas sarana kampus dan belum semua mahasiswi berhasil saya patahkan hatinya.

Mungkin dalam waktu yang tidak begitu lama, saya akan mencoba suasana baru akademik dengan mengambil S-2, kalau bisa tidak di negeri ini…

  • PENYIAR RADIO

Sejak SMA, karena TV di rumah rusak, saya sempat bersahabat akrab dengan benda bernama radio. Akibatnya, saya kerap berkhayal jadi penyiar radio. Menjadi sahabat semua orang. Mampu tertawa dan membuat orang lain tertawa meskipun diri pribadi sedang tidak bahagia.

Tercapai?
Semester 2 kuliah, saya mencoba melamar di sebuah radio baru di Banjarmasin, dan anehnya diterima. Sejak itu, saya menjadi seleb kecil-kecilan. Menjadi penyiar juga berarti belajar menerima bahwa fatwa shin-chan itu benar adanya; “Segala jenis orang ada di dunia ini”.

Siaran juga menjerumuskan saya ke sifat sok tahu, suka menasehati dan jarang tersinggung.

  • WARTAWAN

Salah satu profesi yang saya penasaran setengah hidup ingin mencobanya adalah wartawan. Kegemaran membaca yang menimbulkannya. Membayangkan pengalaman ke berbagai tempat, mencari berbagai hal bagus untuk dibagikan ke semua orang, lalu dibayar untuk itu. Betapa menyenangkan.

Tercapai?
Wartawannya tercapai, tapi wartawan politik. Akhirnya 4 tahun saya terjebak pada pergaulan dengan anggota DPRD, kepala daerah, anggota LSM-LSM karbitan, dan pengusaha-pengusaha segala cara. Akibatnya sungguh memprihatinkan, saya sekarang menjadi sosok pesimis khususnya di bidang politik kenegaraan.

Positifnya, pertama saya paling tidak pernah ke Jogja dan ke Bali dengan biaya APBD. Tidak membanggakan, tapi setidaknya saya ketemu Anto, Zam, Celo, dan rekan blogger lainnya. Kedua, bekerja di media membuat saya memahami apa yang ada sebenarnya di balik berita, untuk akhirnya melatih saya tidak mudah membenarkan atau menyalahkan apapun. Ketiga, suka atau tidak, menjadi wartawan mengenalkan saya dengan banyak orang, yang saya yakin akan berguna suatu saat nanti.

  • GURU

Yah, sebenarnya jadi guru bukan cita-cita pribadi namun lebih pada keinginan membahagiakan orang tua yang bangga melihat anaknya berseragam PNS:mrgreen: . Akhirnya saya mendaftar penerimaan PNS guru awal tahun lalu, dan ndilalah diterima juga. Namun sampai sekarang saya belum memiliki seragam PNS, sungguh!

  • MENGAJAR MAHASISWA

Kekecewaan dengan beberapa dosen di masa saya kuliah, membuat saya penasaran seperti apa rasanya mengajar mahasiswa. Keinginan itu tiba-tiba terwujud dengan kekhilafan Mina yang meminta bantuan saya mengisi waktu pengajaran bahasa Inggris di Fakultas Kedokteran. Hasilnya? Ternyata menghadapi mahasiswa itu susah susah gampang. Tapi yang jelas menantang, saya menykainya.

  • JADI BACKPACKER

Ah, sejak jaman novel Balada Si Roy hingga Edensor sekarang, saya terpesona dengan manusia-manusia yang berani meninggalkan kemapanan demi pengalaman. Menjelajahi negara dan budaya yang berbeda dengan modal yang seadanya namun dipersiapkan matang.

Tercapai?
Yang ini belum, mungkin dalam waktu dekat juga tidak akan tercapai karena ada beberapa target lain yang harus saya capai. Keinginan pribadi memang harus disingkirkan demi kepentingan yang lebih besar.

Sementara itu dulu, masih banyak cita-cita tapi belum sempat direncanakan matang, hanya sekedar keinginan terlintas yang manusiawi.

Tapi ngobrol-ngobrol soal keinginan, ada beberapa benda juga yang saya inginkan saat ini.

  • Kamera yang zoom-nya OK
  • Laptop baru (memang pernah punya yang lama?)
  • Mobil baru
  • Minimal kalau tidak mobil baru, Motor yang memadai untuk naik turun gunung menuju sekolah juga OK
  • Unlimited akses internet

Ada yang mau ngasih?

30 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. dulu saya kepingin jadi Pilot sekarang malah jadi blogger😀

    1rw@ns last posting..Kaledioskop Ramadhan

  2. @ 1rw@n
    Jauh banget melencengnya ya om?

  3. Hmm, saya juga pengin jadi backpacker… 🙂 trus… laptop yg baru pengin spek yg kayak apa?

    Rasyeeds last posting..Tentang Menikah

  4. wahhh enak jadi PNS…hahahahaha….

  5. udah banyak yang tercapai, terutama lulus kuliah
    hahaha

    shalehs last posting..Ayo Mudik

  6. susah juga punya banyak cita-cita. saya pun masih punya cita-cita yang belum kesampaian. jadi Gubernur

    Syafwans last posting..Dunia dalam Derita

  7. Keinginan pribadi memang harus disingkirkan demi kepentingan yang lebih besar.

    Which is?:mrgreen:

    Ameds last posting..600

  8. Mungkin dalam waktu yang tidak begitu lama, saya akan mencoba suasana baru akademik dengan mengambil S-2, kalau bisa tidak di negeri ini…

    ini kayaknya juga tetap terpengaruh “rainbow warriors” ya ? *sambil mengingat* cita-cita saya jadi dokter, dengan segala macam motif .. mulai dari ketelanjuran omong ke guru TK, tertarik, penasaran, pengen nyenengin orang tua sampai pengen mengabdi .. Alhamdulillah udah kesampaian.

    draguscns last posting..Tinggal 10 hari lagi ..

  9. @ Rasyeed
    Mau bareng keliling Asia pak? Notebook? Mau membelikan ya?
    *kedip-kedip menjijikkan*

    @ Ichal
    Siapa bilang enak Chal? Santai lebih tepatnya😀

    @ shaleh
    Lulus kuliah itu justru yang paling tidak terasa nuansa berhasilnya:mrgreen:

    @ Syafwan
    Ikutan pilkada tahun depan om, lewat jalur independen

    @ Amed
    Ah, ente nangkep aje bawaannye…

    @ draguscn
    Sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu niat S-2 muncul, tapi memang pas membaca Laskar Pelangi keinginannya menguat lagi

  10. ini cita-cita apa obsesi ya ? (emang beda ya pak ?😀 )
    soal kuliah , ya harus lah, masa guru bhs inggris kuliahnya di negeri berbahasa indonesia ? ga ada peningkatan dan bikin malu saya saja hehehe

  11. unlimited internet access itu yang agak susah kayaknya…

    itikkecils last posting..Suddenly I sing….

  12. @ warmorning
    Obsesi yang dirasionalkan menjadi cita-cita😛

    Jangan lupa info beasiswa buat guru kalo ada😀

    @ itikkecil
    Susah duitnya:mrgreen:

  13. Ada yang mau ngasih?

    ya, saya kasih doa saja
    ?

  14. saya jadi guru saja sudah syukur…
    hidup sederhana bersama anak istri,
    tapi tentunya dengan akses internet tak terbatas juga,
    biar bisa terus ngeblog,,, hehehehe

  15. @ Pakacil
    Doa saja tidak cukup, ingat, doakan baik, niatkan baik, lakukan dengan baik😛

    @ awym
    Lugunya dirimu wym…

  16. Cita-cita saya dulu jadi pilot *mang ada pilot cewe??,bis kayaknya keren bgtt bisa nerbangin pesawat*. Tapi gak kesampaian, ya uah.. jadi penyiar aja..yang penting sama2 di udara… Trus juga bisa jadi manager nya penyiar… Kan lebih mantabs lagee. hehehe.. Cita2 yg laen…??, mo punya rumah di BJB. huhu…

    Sarah Lunas last posting..Aku Pikir . . . . .

  17. ya, saya khilaf hihihi, tapi tidak menyesal :p

    eh, dah nonton LP belooom?
    aku lagi nabung nih, ngirit buat backpacking. ikut yuuuk, kita cari cara termurah dan paling menyakitkan, yang penting jalan-jalan hihihi.

    minas last posting..Daddy-Long-Legs (Kidari ajeossi)

  18. mansup, kemaren gak daftar ADS ya? betapa leletnya dirimu, nak. ini buka yang DAAD neh, buruan.

    minas last posting..Daddy-Long-Legs (Kidari ajeossi)

  19. @ Sarah
    Maksa banget! Gagal jadi pilot, malah jadi penyiar, asal sama-sama di udara:mrgreen:

    @ Mina
    *menjura*😀
    Rencananya anak-anak mau nonton bareng Senin depan, ikut?

    Backpacking bareng? Ah, akomodasi transportasi dirimu yang nanggung? MAU BANGGETTT…

    Mana link beasiswanya???

  20. kamu beruntung mansup dah banyak cita2 yang tercapai… percaya sih ma orang smart kayak kam

    sandis last posting..Blogger Banjarmasin kita nonton Laskar Pelangi yuks!!!

  21. Tuh kan komentar Sandi, kalo g mesra atau memuji, ada apa sih diantara kalian ini…….????? seperti sembunyikan hasrat tertentu

    SoulHs last posting..Tips ngeBlog untuk Orang Sibuk Like Me

  22. “lebih baik mati mengejar harapan daripada menerima hidup apa adanya”, melakukan apa yang diinginkan sebelum semua terlambat, karna waktu tak pernah kenal kata kompromi..
    Salam kenal bang. manganju luhut tambunan. dari ujung bumi.
    yahh.. mudah-mudahan tulisannya bukan hanya sekedar data yang berlaluluntas saja.. tetapi menjadi hantu yang mebuat kita terus berlari.
    Apa gunanya pemikiran kalau terlepas dari realita kehidupan.
    Apa gunanya pendidikan kalau terlepas dari permasalahan masyarakat.
    dengan ini aku menggugatmu para pelaku-pelaku sejarah!
    cita-cita: Abdi diri untuk daerah tertinggal, dengan kemanusiaan adalah bahasanya.
    keep fight… “better light a canndle than cursing the darkness” unleash your power.. let’s fight on to the last one

    manganju luhuts last posting..APRS = Automatic Position Reporting System

  23. ooo jadi sekarang sandi pacaran sama mansup? makan-makan! *lambai-lambai ke sandi si suara super seksi*

    mansup, ikuuuut nonton bareng! kapan? jam berapa? gak malam, kan?

    niiih link-nya: http://jakarta.daad.de/inhalt_i/index_i.htm
    aku juga mau ikutan.

    minas last posting..Daddy-Long-Legs (Kidari ajeossi)

  24. ini juga bisa:
    http://www.daad.de/stipendien/en/index.en.html?land=5

    minas last posting..Daddy-Long-Legs (Kidari ajeossi)

  25. wah….
    cita2nya kebanyakan…..

    free mp3 download:
    http://freeforus.co.cc

    ma2nn-smiles last posting..see my site in 3D……..

  26. sahabat: De, cita cita loe setelah lulus S2 apa?

    saya; Saya ingin menjadi istri dan ibu yang cerdas

    sahabat: haah !!! ngapain dong loe sekolah tinggi tinggi cuma buat jadi ibu dan istri

    saya: apa ada yang salah dengan cita cita saya yah? *semaput*

    Rindus last posting..Senada Jangrik

  27. Klo aku sih cita2nya gak muluk-muluk…ingin hidup dalam damai, adil dan sejahtera lahir & bathin
    *tapi kapan semuanya bisa tercapai?????*

    agushws last posting..Seruan…yang seru..

  28. kalau saya, sebagian besar cita-cita saya belum kesampaian

    adi isas last posting..ramadhan a few year’s ago

  29. ooo jadi sekarang sandi pacaran sama mansup? makan-makan!

    *tidak bisa berkata kata apa apa lagi karena tertawa*

    *manggil komunitas BBM+*

    Fortynines last posting..Cepat,Hebat, dan Nekat

  30. wh4x dh bny jug tu yg trcpaiii …. . he4x


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

