Laskar Pelangi, the Movie, dan Saya

13 September 2008 pukul 08.26 | Ditulis dalam Uncategorized | 39 Komentar

Beberapa bulan yang lalu, saya ada di dekat lingkaran kekuasaan. Hampir setiap hari saya bertemu dengan Gubernur, walikota, anggota DPRD, kalau para beliau itu tidak sedang melakukan kunjungan kerja ke luar daerah atau luar negeri.

Dengan profesi sebagai wartawan, saya memiliki privilege bertemu dengan para petinggi itu tanpa perlu melalui protokol rumit yang harus dilalui orang biasa.

Kadang saya tertawa bersama mereka, kadang saya menangis SETELAH bertemu mereka.

Tapi itu masa lalu.

Sekarang saya di sini, dengan profesi baru sebagai guru.

Saat pertama menjejakkan kaki di sekolah di mana saya ditempatkan, saya sempat kehilangan semangat. Bertahun-tahun bekerja di ruang ber-AC, ditemani rekan kerja yang wangi-wangi, saya dihadapkan pada kenyataan bahwa di sini, ada ratusan manusia yang bahkan belum mengenal listrik…

Saya harus meneguhkan hati menyabarkan emosi menghadapi murid-murid SMP yang bahkan belum mampu menghapal urutan tepat Abjad.

Belum lagi jarak sekolah yang bahkan mencapai 3 digit dari rumah saya, dengan waktu tempuh hingga 3 jam bolak-balik.

Saya goyah…

Dan saat itulah saya menemukan Laskar Pelangi. Novel karya Andrea Hirata, tentang siswa siswa di sekolah Muhammadiyah nun di Belitong sana. Di tengah kondisi yang jauh lebih memprihatinkan daripada sekolah saya, ada Ibu Guru Muslimah yang dengan perkasa memperlihatkan kepribadian manusia paripurna. Jauh lebih meyakinkan daripada para penceramah agama yang berkoar tentang keikhlasan tapi tak pernah datang kalo diminta ceramah gratisan. Jangan pula membandingkan Ibu Muslimah dengan pemain iklan baru di televisi sekarang, yang muntab menyatakan akan memberikan yang terbaik bagi Indonesia asal kita memilihnya jadi presiden. Jangan, menjijikkan.

Saya malu…

Sejak membaca Laskar Pelangi dan Sekuel-sekuelnya, saya berhenti mengeluh tentang kondisi pekerjaan saya sekarang (Oke, oke, tidak berhenti sama sekali tapi mengurangi frekuensi keluhan hingga sepersepuluhnya). Itu adalah cerita yang luar biasa, apalagi mengingat karya ini didasarkan pada pengalaman sebenarnya dari Andrea Hirata.

Tidak perlu menjelaskan panjang lebar kenapa Laskar Pelangi begitu membius. Silahkan cari di om google, jangan mempersulit saya.

Saya hanya ingin menyatakan saya terkesan dengan Laskar Pelangi, baik buku maupun Film-nya yang akan tayang serentak 25 September 2008 ini. Tapi khusus untuk filmnya, penilaian masih belum bisa dilakukan karena belum dilihat. Yang jelas, sedikit kecewa karena Nidji yang menyanyikan OST-nya. Apakah ini konspirasi kaum keriting? (Andrea Hirata, Ikal, Mira Lesmana, Riri Reja, Andy F Noya, Giring..)

Tapi sudahlah, kita tunggu saja sama-sama.

Dan kalau mau melihat trailer Laskar Pelangi The Movie, bisa klik [di sini].

Akhirul Posting, apakah ada sponsor yang mau membiayai nonton bareng Laskar Pelangi Blogger Kalsel 25 September nanti?

Selamat menjadi Laskar! We are Rainbow Warriors!!

***

Foto dari [sini].

Link terkait:

Iklan

39 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] Lalu masa depannya? […]

  2. HIdup Aray ..

    draguscns last posting..Happy Bday .. September!

  3. laskar pelangi emang inspiratif

  4. saya juga pernah merasa jadi orang paling menderita sedunia…ternyata….nggak ada apa2nya…

    geRrilyawans last posting..Eksperimen Kuliner Indonesia

  5. ditemani rekan kerja yang wangi-wangi

    Si Amed juga??

    Ga ngaruh. Saya belum baca bukunya. Tambahan lagi filmnya udah bikin ga semangat duluan. Kenapa ga semangat? Karena film ini tidak akan membuat Tukul Arwana dan banci banci kaleng macam Indra Bekti, Olga Syahputra, maupun Ruben berhenti tampil meracuni TV.

    *komentar yang aneh…..*

    Fortynines last posting..13 September Tahun Ini

  6. Lagi-lagi tulisan dengan rangkaian kata yang indah, smart dan menarik.
    Konspirasi kaum keriting.. tul juga tuh… yang nonton juga keriting-keriting, tapi bukan keriting yang di atas…

    sandis last posting..Cara mewarnai gambar dengan photoshop

  7. di kick andy hari ini ada itu kan ya? 🙂
    salam kenal!

    alins last posting..Mengenang: ANATOMI 2008 [rodok panjang!]

  8. foto di atas foto waktu lagi haluskah…..yang mana foto imak

  9. to SANDI

    foto imak kaya Clay Aiken, klo Awym kaya Gareth Gates versi kulit Putih

    soulharmonys last posting..Ditemukan Plaza Berusia 5.500 Tahun

  10. “Yang jelas, sedikit kecewa karena Nidji yang menyanyikan OST-nya. Apakah ini konspirasi kaum keriting? (Andrea Hirata, Mira Lesmana, Riri Reza, Andy F Noya, Giring..)”
    … Hanya catatan itu yang “sekarang” menarik untuk dibicarakan dari Laskar Pelangi, saya kira. Kalau filmnya, nanti kita tunggu bajakannya, hehee…

    sandis last posting..Sudah Bolong Berapa (Puasa)?

  11. Nontonnn…. Harus! pecintalaskarpelangi.com 😀

    annas last posting..Ternyata, Terungkap Juga

  12. ..akhirnya insyaf juga, walau sedikit, untung tak jadi ke Aluh-aluh kaw ehehehehe

  13. Konspirasi kaum keriting! +LOL+
    Mungkin ikal harus bikin novel baru berjudul ‘Laskar Keriting’!

    Ayam Cintas last posting..Lirik Laskar Pelangi (Nidji, Ost. Laskar Pelangi)

  14. […] Tiket nonton Laskar Pelangi The Movie – CD Original Coldplay: Viva La Vida or Death and All His Friends – Koneksi Unlimited (baik Kuota […]

  15. to sandi dan chandra:
    aku memang ganteng, tapi ga usah di sama-samain ma artis luar deh, lebih baik apa adanya khan :mrgreen:

    laskar pelangi, saya ga mpe habis baca bukunya, terlalu …
    tapi klo yang garap filmnya riri riza, saya pasti nonton, itu sutradara favorit saya selain dedy mizwar… pasti bagus, garansi!

    awms last posting..Buber

  16. mampir aza ngga komentar dulu, bloger butuh dukungan…
    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/15/bloger-jangan-kalah-dua-kali/

    andris last posting..BLOGER JANGAN KALAH DUA KALI

  17. duh rusak feels baca komen wkwkwk, ada-ada aja. mudah-mudahan abis liad ada penderitaan dibawah penderitaan kita bukan untuk bersukur lalu bersantai, tapi sebaliknya bekerja lebih keras biar lebih enak, apa mau menambah status hidup gak enak di negeri indonesia?? wehehehe..
    [**halah,, dasar cumie, ngemeng emang gampang.., usaha itu yang di utamakan.**]
    semangat bos lah!! mudah-mudahan harga jerih payah ini menuai hasil yang memuaskan dihari nanti. amien

    cumies last posting..cute’s Blogger award vs coolest blog ever award

  18. Wah…cara penyampaian yg bagus, memang mas orang udah diatas, pasti jarang melihat ke bawah…
    Salam kenal…mas

  19. […] scene of laskar pelangi the movie.. tapi sudahlah itu sudah dibahas oleh manusia yang tidak super ini saya cuma mau cerita tentang fokus dari cerita nyata itu sendiri, yaitu guru dan murid … […]

  20. tiba tiba saya ingin menelpon Riri atau Mira Lesmana,..
    * terus menyemangati membuat film film berporos Indonesia yang membumi, bukan film film cinta memble dan suster ngesot

  21. saya mau nraktir mansup nonton… tapi mansup dateng ke sini…

    itikkecils last posting..Perjalanan yang tertunda

  22. Laskar Pelangi kayaknya jadi penyemangat buat para guru, apalagi yang sekolahnya jauh dan terpencil. Salute… buat para GURU… Semangat ya Pak..!!!.

    Sarah Lunas last posting..Hal Tersulit…

  23. mudah-mudahan film-nya bagus, senang juga ada film kayak gitu di tengah-tengah film horror dan komedi ga jelas

    Fairuz Azzahras last posting..Kesan Pertama di Malang – Rumah Sakit Islam

  24. hadirilah muktamar blogger ke II dg tema BLOGGING FOR WIT-WITAN……

    Cek infona di link kami ini

  25. ayoooo kamu bisaaaaaa

    kanggurus last posting..Aperture

  26. semangat
    pahlawan tanpa tanda jasa suatu pekerjaan yang mulia

  27. Akhirnya datang juga that movie … ah senang, nonton bareng yah kita kang?

    Rindus last posting..Jiwa jiwa yang rela …

  28. aku baca laskar pelangi dua kali, dan nangisnya…puluhan kali.

  29. Timingnya emang sengaja pas ramadhan kali yak rilisnya… biar agak2 religi ( model sinetron2 musiman sekarang 😆 )

    utchanovskys last posting..Proyek Bodoh

  30. nonbar yuuuk.
    tentang pekerjaanmu, aku mau lihat seberapa lama kau tetap idealis, bung.

    minas last posting..Daddy-Long-Legs (Kidari ajeossi)

  31. Salam kenal. Awal perjalanan karir menjadi guru nya kok seperti saya ya? :).

    enggars last posting..Berbagi Kisah

  32. kemaren bis nonto
    bagus juga filmnya
    hehehe

    Ades last posting..Kopdar Blogerbenteng, Kontrak politik & dukungan untuk Kombor ke Senayan

  33. To filmnya udah ada DM
    mau laskar pelangi atau suami” takut istri.
    hehehe

    SHALEHs last posting..Ayo Mudik

  34. @ Ade
    Yah, saya belum sempat nonton, katanya seh mau bareng teman-teman neh…

    @ Shaleh
    Suami-suami takut istri sepertinya lebih menggoda 😛

  35. semoga para guru bisa mencetak laskar-laskar pelangi yang lain. Laskar yang kalem dan romantis. Hik hik. SALAM

    lovepasswords last posting..Kegagalan Padi Supertoy dan Semangat 45 Presiden SBY

  36. Tetap semangat!

  37. Dari sekian preview yg gue baca (googleling), nyang ini keren abis… mudah2an dan nonton pilemnya yaaa.
    Soal konspirasil keriting…lucu banget deh…bisa ajah…ha.ha..

  38. salam.. maniz.. thanks ya buat andrea bikin banyak orang sadar dengan kata-kata di novelnya ituch.. kalo boleh komen ttg film nya kayaknya yang di bagian tuk bayan tula kurang serem tuch.. perjalanannya.. dr pd di bukunya.. tp dah bagus kok.. bikin smua penonton ketawa dan nangis..yg lum nonton wajib nonton yach..

  39. kebetulan saya dah baca 3 buku yang dibikin andrea dan nonton film nya juga sdh..banyak hal yang dapat diambil dari sana..meskipun mereka menjalani dengan keterbatasan namun keberhasilan lah yang mereka peroleh setelah bisa melewati masa2 sulit itu..

    Posting Terakhirnya hymunk Berjudul Hy Munk di Dayax D’Porte


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: