Tendang!!!

8 September 2008 pukul 21.51 | Ditulis dalam Uncategorized | 28 Komentar

Malam menjelang pukul 11, sepulangnya dari buka bersama blogger dan Telkom, saya dan beberapa teman tidak langsung pulang.

Sambil duduk-duduk di depan rumah Amet, kami berbincang tanpa arah. Mulai dari soal lebah, lelaki polos, Adenya Pak RT, kerusuhan 23 Mei di Banjarmasin hingga hal remeh-temeh lain.

Lalu pembicaraan memasuki topik sepakbola. Intinya tidak jauh dari selalu gagalnya tim nasional PSSI memberikan prestasi yang bisa dibanggakan.

Saya sempat berujar, “Padahal untuk menciptakan tim terhebat di dunia dari Indonesia itu gampang. Adakan audisi di setiap provinsi se-Indonesia. Pilih satu pemain bola terbaik dari tiap provinsi, maka kita akan mempunyai 33 pemain luar biasa.”

“Mungkin kesalahan ada pada manajemen, pada PSSI, pada manusia-manusia pemegang kebijakan persepakbolaan” Kata Wahyu.

“Mungkin” saya menimpali, “Entah kebobrokan macam apa yang membuat negara dengan 230 juta jiwa tidak mampu menemukan 11 pemain bola yang paling tidak bisa menjuarai Piala Asia. Kroasia, yang baru merdeka dan jumlah penduduknya tidak lebih banyak dari Jakarta saja bisa menjadi juara ketiga piala dunia 1998”

“Gimana bisa lancar kalau pimpinan tertinggi pengurus PSSI saja ada di penjara”, Kata Amed

“Kita ga bakal bisa menang apapun kalo sistem liga masih korup” Tambah Farid.

Lalu pembicaraan kembali beralih tanpa solusi yang jelas hingga akhirnya kami bubar jalan.

***

Entah kenapa, saya jadi memikirkan sepakbola Indonesia malam ini, gara-gara pembicaraan tidak jelas itu.

Point utama yang saya pertanyakan adalah, apa benar jika kita berhasil menemukan 1 pemain terbaik dari setiap provinsi lalu menjadikannya tim nasional, maka kita akan bisa memenangkan apapun?

Ternyata, jawabannya tidak.

Sepakbola bukan sekedar 11 pemain mampu menendang bola dengan benar. Memainkan sepakbola berarti bekerja sama. Dan kerjasama bukanlah bakat alami kita. Kita tidak pernah memenangkan apapun dalam olahraga tim. Prestasi kita selalu berasal dari olahraga perorangan, bulu tangkis, angkat besi, lari. Bulu tangkis kan ada ganda juga? Ya, sejauh itu lah kita bisa bekerja sama, dua orang.

Sepakbola juga adalah mempercayai pemimpin. Meyakini instruksi pelatih atau manajer dan menjalankannya. Kepercayaan terhadap pemimpin juga bukan sesuatu yang ada dalam darah nadi kita. Hasil buruk dari 32 tahun ditambah 9 tahun kepemimpinan yang belum sempurna menjadikan kita apatis terhadap pemimpin dalam bentuk apapun.

Sepakbola adalah kesabaran. Tidak ada gol instan dalam pertandingan yang benar. Namun sabar bukan tipe kita yang sesungguhnya. Kita adalah penganut faham yang mementingkan hasil dibandingkan proses. Seorang wakil presiden bahkan pernah berujar jika hasilnya adalah rakyat sejahtera, maka melawan aturan adalah bukan kesalahan. Whew, hasilnya pak, adalah aturan dilanggar namun rakyat belum sejahtera.

Bermain bola juga adalah pemahaman terhadap sistem yang dipilih. Menjalankan strategi karena meyakini itu yang terbaik, bukan karena mengikuti tim lain yang sudah sering menang dengan satu strategi lalu kita mengikuti strategi yang sama tanpa pertimbangan. Pemahaman terhadap sistem masih belum terjadi pada kita. Kita menganut sistem karena semua orang lain mengatakan sistem ini bagus. Bukan karena kita memahami sistem ini. Sistem sebagus apapun akan berantakan ditangan orang yang tidak mengerti.

Sepakbola juga berarti tidak selalu menang. Tidak ada ada tim yang selalu meraih kejayaan. Setiap pertandingan memerlukan pemenang dan pecundang. Setiap unsur dalam pertandingan memerlukan kesiapan kalah, jauh lebih besar dari kesiapan menang. Dan itu, sekali lagi tidak ada dalam pembendaharaan benak kita. Memahami kekalahan sebagai suatu kewajaran dan menjadikannya langkah untuk menang adalah sesuatu yang masih sulit kita lakukan. Kita marah kalau kalah, tapi hobinya ya kalah juga…

Lalu apa? Entahlah, sekali lagi saya hanya sampai pada tahap memikirkan, belum sampai pada solusi.

Akhirul posting, saya hanya ingin bertanya, menurut kalian, siapa juara Liga Inggris musim ini?

Note: Gambar diambil dari yang mulia Ardyansah tanpa ijin.

Iklan

28 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] Kenapa Tidak?? […]

  2. Viva le blues Chelsea…! Hmm.. Btw, Vote manusiasuper for President of PSSI

  3. hahahaha..ini tambahan sup
    disini

    ichals last posting..Pengen jadi anggota KPK

  4. Bukan kaitu Hung! jarku selama masih ada Nugraha Besoes, PSSI bakalan jalan mundur!

    Fortynines last posting..Tape Recorder

  5. jangan-jangan nanti kalo hasil audisi hanya akan mnghasilkan idol-idol dan pesolek pesolek lapangan hijau…ih tatuuut

  6. @ Rasyeed
    Emm, sebenarnya ini bukan tentang PSSI kok Bos 😀
    Dan maaf, Tim ‘C’ itu terlarang disebut di sini…

    @ 49
    Auk kada tapi ingat lagi skrip penderannnya hung, malam banar sudah kelo?? Tapi kurang lebih kaya itu lah pokoknya.

  7. @ mantan kyai
    Eh, yang punya gambar dateng :mrgreen:
    Tapi keren kan mas, Indonesian Footballer Idol…

  8. masalah tim adalah masalah menggabungkan persepsi, rasa, trust dari otak beberapa orang, dan yaelah.. cari manajer yang ngerti psikologi dong… find that coach !!
    dan juara liga Inggris ? semoga bukan MU ! 😀

  9. Akhirul posting, saya hanya ingin bertanya, menurut kalian, siapa juara Liga Inggris musim ini?

    Manchester City :mrgreen:

    Ameds last posting..Moon River

  10. @amed
    apapun yang terjadi, Arsenal pilihaku…

    awyms last posting..Perempuan Kedai Kopi

  11. Pembicaraan tentang sepak bola, tapi kok pembahasannya berat banget yah….
    btw, ga suka nonton sepak bola dalam negeri, ujung2nya kalah ato berkelahi, mending nonton yg luar aja dah.
    Juara liga Inggris?? emang siapa yg masuk final? 😀

    annas last posting..Twilight

  12. Duuh pertenyaan sulit bos… 😀 mending menunggu jawaban yang nulis saja.

    Kurts last posting..Puasa Kembalikan Modal Hidup (2)

  13. @ Warmorning
    Atau kita sewa pelatih plus psikolog saja, gimana? Kalau tidak salah seh, tiap tim besar itu memang punya psikolog pribadi gitu.

    Bukan MU? Ah, anda salah… :mrgreen:

    @ Amed
    This is our City! :oo:

    @ Awym
    Arsenal kapan terakhir juara memang?

    @ Anna
    Beneran ga suka bola ya An? Kalo liga itu ga pake final neng 😉

    @ Kurt
    Saya jawabnya nunggu akhir musim saja Ustad…

  14. pernah inget mempertanyakan hal yang sama waktu baca Thailand mengundurkan diri dari Piala Kemerdekaan dan Indonesia menang WO – yang menurut saya sangat memalukan.

    waktu itu pertanyaan saya adalah “indonesia ini kan warga negara udah lebih dari 200 juta jiwa, masak nemu 11 orang yang jago maen sepak bola aja ngga bisa?”

    gyahahahahaha… mimpi aja ternyata ya.. 😛

    Juara Liga Inggris, sama kayak Om Warmorning, SEMOGA BUKAN MU!!!!

    Chics last posting..Jujurlah Padakuuuuuuu…

  15. Satu aja dari saya…

    “saya bukan penggemar bola…”

    Rystionos last posting..Ditolak, diterima dan perubahan…

  16. @ Chic
    Yang menolak bermain itu Libya neng, tapi ya memang, mau Libya, mau Thailand, tetep memalukan karena berarti ada yang salah dengan sepakbola negeri ini…

    @ Rystiono
    Sepakbola itu universal kok Om, kita tidak harus menyukai sesuatu untuk memahaminya,,,

  17. *ikutan rasyeed mempersiapkan umbul-umbul mendukung pencalonan mansup sebagai ketua PSSI*
    *celingak-celinguk* kok ngga ada pawainya ?
    *nurunkan umbul-umbul lagi* masih kepagian buat arak-arakan .. nanti haussssss….

    draguscns last posting..Google Chrome, udah nyoba?

  18. Lho kok itu posting saya yang terakhir?? Salah masukin website berarti .. hihi ..

    draguscns last posting..Klinik Tumbuh Kembang – Open!

  19. whatever… saya paling suka pas acara nendang bola dan gol ! kalo maen 2 x 45 tanpa gol, sungguh membosankan .. hidup Barito Putera !!

  20. Bola itu bulat, kalo ditendang ke gawang bisa Gol atau Meleset, jadi tendang berantai aja ke gawang, moga² aja masuk dan menjadi gol, aminnnnnnnnn !!!!!

  21. suka nonton tapi kayak piala dunia, liga champion gituh.. Owh ga ada final nya yah??? ketahuan deh ga tau tentang liga hohoho…

    annas last posting..Ternyata, Terungkap Juga

  22. males ngomongin soal sepakbola indonesia…
    mendingan ngomongin soal inter milan aja
    *nyari Amed*

    itikkecils last posting..Perjalanan yang tertunda

  23. Kalau tiap propinsi diambil 5 orang kemudian yang lima itu dipilih yang jago dan bisa kerjasama gitu mosok ndak ada yg lolos to?

    Saya kok mikirnya ndak semua orang kita seperti itu.

    But I do, yes, saya mengalami kesulitan mengerjakan sesuatu bersama-sama 😐

    sandals last posting..Memimpin, bukan menguasai

  24. kapan mau baik tim sepk bola Indonesia, orang semua yang di dalamnya paling favorit cuma kelahi. termasuk para penontonnya gak bisa diatur.

    dengan segala kerendahan hati, jiwa dan raga saya memihak chelse untuk selamanya.

    isuurloewengs last posting..Gelar sastra sajak-sajak (almarhum) Ajamuddin Tifani

  25. kapan mau baik tim sepk bola Indonesia, orang semua yang di dalamnya paling favorit cuma kelahi. termasuk para penontonnya gak bisa diatur.

    dengan segala kerendahan hati, jiwa dan raga saya memihak chelsea untuk selamanya.

    isuurloewengs last posting..Gelar sastra sajak-sajak (almarhum) Ajamuddin Tifani

  26. liverpooooooollll

  27. Pelatih sekelas ferguson juga ga bakalan mampu bawa indonesia jadi champion, udah mandi kembang 7 rupa sebelum tanding juga ga bakalan menang deh, aku fikir komitenya yg penting dibenahi dahulu setelah itu baru bentuk tim yg solid, tim yg punya mental champion.

    joe Sitohangs last posting..Analogi cinta seorang elektrik…

  28. Tim indonesia tuh bermental tempe, sponsor ama omongan aja di besar besarkan….
    yang terpenting adalah mental…mental…mental..

    Juara liga inggris… MU bos…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: