Balada Teman (atau musuh) Lama

27 Desember 2007 pukul 19.30 | Ditulis dalam Uncategorized | 31 Komentar

Seorang teman (atau bahkan musuh) lama yang tiba-tiba muncul di ruang tamu anda. Hadir setelah selang waktu yang lama tanpa kabar berita. Menyapa anda dengan ceria. Berbagi cerita yang dialami bersama. Memberi informasi tentang dia. Bertanya tentang anda. Berakrab-akrab seperti saudara. Bertamu lama.

Pertanyaannya sekarang, apa yang selanjutnya terjadi? Tebak!

Iseng? Tidak mungkin!
Kangen? Mustahil!
Pinjam duit? Mungkin, tapi tetap kemungkinan yang tipis mengingat anda tokh bukan Aburizal Bakrie. Jadi tetap salah!
Mengantar undangan kawin? Mungkin, tapi tidak perlu berbasa-basi ria seperti itu. Jadi, ya salah lagi!

Lalu apa?

Tepat! Benar sekali, pembaca yang jenius!

Jika Seorang teman (atau bahkan musuh) lama yang tiba-tiba muncul di ruang tamu anda. Hadir setelah selang waktu yang lama tanpa kabar berita. Menyapa anda dengan ceria. Berbagi cerita yang dialami bersama. Memberi informasi tentang dia. Bertanya tentang anda. Berakrab-akrab seperti saudara. Bertamu lama. Maka artinya anda menjadi korban baru yang sedang diprospek untuk menjadi downline sebuah MLM!

Segera angkat tangan anda sebelum dia mengutarakan niatnya. Katakan tidak. Sekali lagi tidak. Tegaskan lagi TIDAK.

Kenapa?

Saya belum pernah menemui sosok nyata yang kaya karena MLM. Sebut saya kurang wawasan, tapi itu faktanya.

Selalu saja bapak itu dari pulau seberang yang dapat Jaguar. Selalu saja tetangganya kakak dari kakeknya ipar seseorang yang memperoleh kepuasan uang bekerja untuk dia. Selalu saja bukan orang yang saya tahu yang sukses sebagai up-line, selalu seseorang yang nun jauh di sana.

Saya TIDAK PERCAYA ada mekanisme yang memungkinkan manusia modern mendapatkan keuntungan dengan hanya berdiam diri.

Selain itu, berdasarkan pengalaman dari kegiatan herder-herder yang menggonggongi saya untuk mengikuti MLM mereka, banyak hal yang membuat saya tidak menyukai mereka.

  • Mereka memanfaatkan etika dan sopan santun untuk menjebak. Janji-janji akan datang kembali meski sudah ditolak. Itu mengganggu, bukan gigih. Kebanyakan rekan saya mengaku terpaksa mengikuti MLM karena ingin menghindari paksaan si calon up-line, bukan kerena mereka tertarik.
  • Mereka memanfaatkan hubungan sosial sebagai penunjang. Kenapa tidak mencoba memasarkan MLM mereka kepada orang-orang asing di jalanan? Kenapa harus menghubungi teman-teman, keluarga, handai taulan?
  • Mereka yang menawarkan MLM ini kepada, hampir semua adalah sosok-sosok yang desperate. Gagal dalam usaha konvensional. Bermimpi cepat makmur tanpa mau melewati proses. Orang-orang yang mudah tergiur janji. Mereka yang terdesak kebutuhan hidup karena menjalani hidup tanpa perencanaan yang matang.
  • Mereka menjanjikan hal yang mereka sendiri belum membuktikan. Pernyataan klasik seperti uang bekerja untuk kita, tahun dua ribu sekian 25 persen dari milyuner baru dunia berasal dari MLM, diam dirumah uang masuk.

BULLSHIT TAIKEBO!

31 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. hohoho… aku pernah hampir putus hubungan dengan teman gara-gara MLM ini. apalagi kalau dia mulai dengan iming-iming apa yang mereka sebut “kebebasan finansial” itu. tapi dirimu salah, MLM bukan berdiam diri, justru harus berbusa-busa kesana kemari menawarkan ke (terutama) keluarga dan teman sendiri. itu yang saya tidak bisa. masak saya yang imut ini bisa berbusa?

  2. Hohoho, postingan kedua tentang MLM, dirimu bener-bener dendam ya?

  3. @ Mina
    Justru itu salah satu kebohongan mereka, duit datang sambil santai katanya. Hohoh, mana ada??

    @ cewekbawel

    Dendam seh kagak, cuma eneg

  4. “mendingan gue jadi gigolo aja, daripada gue ikutan MLM”
    jojo-tora-quickie express.
    😀

  5. *ngakak baca komen antokhomok*

    Kalau om antok sih, jadi model effendi[dot]com aja😎

  6. hati-hati MLM maksiat…😛

  7. Mudakir : Jojo, kamu ane ada pekerjaan lain buat ente

    Jojo : paan?

    Mudakir : Multilevel marketing

    Jojo : Ogah! mendingan gue jadi gigolo…

    *ngakak guling guling*

  8. setuju. ganggu banget. tapi ya, namanya juga usaha😀

  9. Didatengin orang yang nawarin tentang MLM ini aja dah pusing, apalagi disuruh jadi anggota.. bisa muntah2 deh kayaknya…

  10. MLM itu bencana nasional..Lebih gawat dr banjir..Efeknya jangka panjang..

  11. Sipa orangnya Hung? buhan ESA jua kah?

    *kasil inisial atau ciri fisik aja*

  12. @ antobilang & siwi
    Saya belon nontoooonnn…😥

    @ rozenesia

    effendi[dot]com ga nerima model macam anto

    @ cK

    Betul chi! Tadinya itu saya link juga tapi ga nemu relevansinya

    @ venus

    usaha kok neror

    @ anna

    Mari kita muntah bareng ke muka mereka

    @ calonorang…

    Buset, sebegitu mengerikan ya dampaknya EM-EL-EM ituh

    @ Farid

    Banyak hung, ada yang ESA ada yang mantan idola. Kalau yang ini, petunjuknya ya ‘teman ATAU MUSUH’ itu pank

  13. Jadi oom Fadhil yang jadi model effendi[dot]com?😆

  14. Bukan, saya mah modelnya playgirl…

  15. lhaa..
    kalo model nawarinnya ngasi BMW langsung begitu kita register, mungkin laen ceritanya ya..
    hihihi..

  16. Salam knal semua

  17. Berjuta Mata Iblis

    Detik kedetik pergantian usia, hanya tulisan di ujung Tahun, dan Ucapan Selamat Tahun baru.
    Matikan lampu anda, dan tatap apapun di depan anda, dgn mata terpejam. (toh percuma, buka matapun kaga ngeliat apa2). ini kagak main2, yg saya maksudkan adalah…

  18. MLM = Produk Yahudi

  19. MLM = pembodohan publik

  20. buwetul… dan matur nuwun sampun mampir…

  21. wah setuju banget tu

    tapi biasanyah temen2 nyang maw ngajakin saia MLM kaya’na gak ada de takut duluan sama muka sinis saia… wekekekekkke … jadi gak jadi ngajakin…

  22. Saya jga ndak pecaya sama MLM…

    Saya benci MLM…

    *lirik komen2 bejibun di blognya Priyadi…

  23. hehehe, kejadianku juga begitu…
    14 tahun lalu, waktu aku baru kost di jogja, masak ada pemenang lomba putri-putrian se provinsi bisa maen ke kost-ku n bikin heboh. Ternyata ujung-ujungnya MLM. Jawabnyanya sih tetep: OGAH!!!!

  24. aku sering di tawarin kayak gituan😕
    cuma enggak pernah aku ikut. Soalnya aneh sih = = dan aku pikir.. ah, paling bo ong

    and aku emang sama sekali enggak tertarik
    hoho

    well.. happy new year xD

  25. ada yg pernah jadi korban gak sih..

    dolo jg sering di tawarin, lewat chat aja sih, dengerin ajah deh entar jg berhenti sendiri kalo gak di tanggapin😀

  26. mas, saya punya tawaran pekerjaan buat anda. pekerjaan yang satu ini benar-benar enak. dijamin anda akan dapet duit banyak, dan kepuasaan tiada henti. bisa dibilang, ini adalah pekerjaan yang didamba-dambakan setiap lelaki. mau ga mas? mau? pake three aja

    pekerjaan itu adalah:

    gigolo!
    😆 😆

  27. aq pernah deket sama cowok,keren abis,cakep pulak..sempet makan malem juga,trakhir dia ngajak lunch disalah satu resto terkenal disini. Udah geer aja saya mo di’tembak’ ternyata oh ternyata begitu saya sampai sana sudah ada segerombolan org yg lg presentasi..huhuhu ..MLM oh MLM..tiwas geer!!!

  28. He he he jadi inget dulu…

    Kawan gw, rekan2 kerja… junior di kampus… semua pernah nawarin gw. Modelnya macem2 dari produk2 rumah tangga, asuransi, sampe obat2an. Atau malah model piramdia ala goldquest.

    Buat yang pengen jadi top sales mungkin bisa coba just for a while. latihan prsentasi, latihan persuasi. kemampuan jualan bisa bikin qt dicari di perusahaan2 top … Jarang yang punya kmampuan kayak gini: harus muka badak. Sayang gw kagak bakat jadi marketer. kayaknya emang harus genetis tuh.

    Alternatif MLM: coba aja beli aja reksadana kalo ada kelebihan uang. Lebih bagus lagi: bikin bisnis sendiri: jualan, atau ngamen ….😀

    BTW
    Udah pada baca Rich Dad Poor Dad -nya Robert Kiyosaki? 😀

  29. ataw agen asuransi
    huehehehe

  30. gini lo mas… saya ada bisnis menarik untuk mas… bisanisnya gampang mas… kita tinggal duduk nyante aja uang yang dateng ke kita… gampang to mas…??? kalo kek gitu nanti bisa kek saya mas, tinggal duduk makan gorengan sambil ngupi bareng istri udah ada pemasukan… uang yang masuk nggak sedikit lho mas… jangan salah…

    *ditabok karena kebanyakan nyontong*

  31. haha.. ya iyalah kamu semua eneg sama MLM. Paham MLM itu apa aja ngga.

    Lihat & mengalami riilnya aja ngga.

    Mau rendah hati untuk belajar aja ngga.

    wajar toh?
    😉


Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

