Community on the Making?

12 Desember 2007 pukul 18.21 | Ditulis dalam Uncategorized | 38 Komentar

Komunitas blogger yang saya bicarakan lebih bersifat regional. Bukan komunitas yang bersifat kesamaan hobi, atau profesi atau ketertarikan ide.

Saya sedang memikirkan tentang Blogger Banjarmasin, atau Blogger Kalimantan Selatan.

Jujur, sering kali saya terpikir untuk mengikuti jejak teman-teman di CahAndong, atau Loenpia, atau TuguPahlawan, atau BHI, atau AngingMammiri yang memiliki komunitas blogger karena kesamaan lokasi mereka berada.

Bagaimana dengan kami di sini?

Entahlah, wacana untuk membentuk semacam komunitas blogger Kalimantan Selatan atau Blogger Banjarmasin memang cukup mengundang. Tapi semakin saya pikirkan, semakin banyak masalah yang kemungkinan turut hadir.

Pertama, blogger Banjarmasin atau Kalimantan Selatan – sepengetahuan saya – masih sangat sedikit. Hal ini dipengaruhi oleh KETERBATASAN AKSES yang kami miliki. Jaringan internet personal masih jarang dimiliki di sini. Selain itu, hanya kawasan Banjarmasin dan Banjarbaru yang dapat dilayani. Saya pernah beberapa kali mempertanyakan rencana perluasan akses layanan SPEEDY pada pimpinan Telkom Banjarmasin, namun mereka juga tidak bisa memberikan jawaban pasti mengingat hal tersebut sangat tergantung pada kebijakan Telkom Pusat yang sepertinya masih sibuk mengurusi rencana komersialisasi kode akses internasional.

Kedua, dari blogger yang terbatas itu, tanpa komunitas ‘resmi’ pun, kami sebenarnya adalah komunitas. Sebut saja Amed yang adalah teman saya dari SMP, SMA, KULIAH sampai sekarang bekerja di Kantor yang sama. Lalu Farid, yang adalah ADIK angkatan saya dan amed di kampus. Ada Mina, yang bagi saya lebih sebagai teman berbagi buku koleksi dibandingkan sebagai rekan blogger banjarmasin. Lalu Rrrf dan Warmorning yang ‘masih’ ada hubungan kekerabatan dengan saya. Ada Bawel, yang juga saling smsan dengan saya hampir setiap 5 menit. Selain itu Taibah, yang juga teman satu kampus. Atau Pak Ersis, yang adalah dosen saya. Beberapa bloger lain yang saya perkirakan ada di Kalimantan Selatan mungkin hanya Annmolly dan beberapa orang lain yang kurang begitu saya kenal.
Ketiga, dengan mengandaikan komunitas ini dibentuk, maka apa yang kami lakukan sesudahnya? Sekedar bentuk pernyataan bahwa KAMI ADA, seperti PestaBlogger? Lalu berkumpul hura-hura, menggosib, menghujat, atau apapun hal lain yang kami lakukan di blogosphere?

Entahlah, hanya saja itu beberapa kendala yang saya pikirkan saat ini. Mungkin ada teman-teman senior yang mau berbagi pengalaman?

Iklan

38 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. lha sekedar ngumpul-ngumpul rame-rame kan ntar jadi sendiri πŸ˜‰

  2. pelan2, mungkin bisa dibikin milisnya dulu

  3. bikin gerakan ngeblog di daerah sana
    kursus ngeblog gratis buat anak sekolah
    pokoknya jangan kumpul-kumpul dowang

  4. hello Ul, kalau gak bisa ngebrog online, kan bisa ngebodor di mall, di kafe, di tempatnya pak rt/rw di lapangan bola, di emperan bioskop dll… atau kalau yang alim bisa di mushola di gereje atau di tempat ibadah lainnyaa… nah di situ malah lebih asyik… πŸ™‚

  5. kopdar dulu ajah.. :mrgreen:

  6. Maaf salah ketik bos, ingat komentar di sebelah, panggilanya masih kebawa UL…

    sebuah cita2 bisa berkumpul itu memang tipe orang brayan yaa mas (seneng bergaul) tapi banyak pula ya diantara teman2 yang memang tidak suka berkmpull… entah kumpul offline maupun online.. jadi rasanya, setelah semua persyaratan terpenuhi mungkin persyaratan psikologis juga perlu dipertimbangkan.. *halah* sok tahu… πŸ™‚

  7. nggak apa-apa kok mas…. kesamaan lokasi memang bisa jadi alasan untuk membuat suatu komunitas blogger tersendiri. Mengenai seperti apa bentuknya dan apa kegiatannya, bisa dibicarakan dengan yang lain…

  8. kumpul aja dulu…. kalo sudah ketemu kan nanti keluar sendiri idenya mau ngapain

  9. kok anna ga disebut sebagai blogger banjarmasin??????

  10. Uhm…hal yang sama saya alami ketika pikiran mengenai komunitas blogger terbersit di pikiran saya. Yang saya sayangkan, di Bandung ini masih ada semangat FS, terlalu banyak. Sulit membangun komunitas di tengah belantara.

    Tetapi, ini jadi inspirasi.

  11. 1. tulis isu
    2. undang konfrensi via YM
    3. bikin milis
    4. kopdar
    5. bikin planet/agregator
    6. launching
    biar lbh seru dan berwibawa, poin no 6 dilakukan dgn mengundang bapak blogger Indonesia, seleb2 blog dan juga bos2 komunitas blogger yg ada
    jangan lupa, wartawan juga harus diundang

    demikian

  12. semoga semua kota nanti ada perwakilan komunitas blogger nya.. dan disatuin dalam komunitas blogger indonesia.. presidennya kan udah ada tuh pak enda yang kemaren siaran di sctv tentang perang blogger malaysia dan indonesia.. hehehe

  13. hidup kopdar…!!! bikin kopdar rutin tiap hari aja…

  14. […] sudah mampir, komen, menorehkan kenang-kenangan berupa pertamax, hetrix, top skor dan lain-lain di blog ini. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima […]

  15. Sekedar bentuk pernyataan bahwa KAMI ADA..itu bisa jadi benar, karena komunitas bisa saja menjadi eksklusif dan memiliki rules dan law sendiri sendiri. Tak ada yang salah tetapi juga tidak harus dipaksakan.
    Saya sendiri tak merasa harus terikat dengan sebuah pernyataan bahwa saya ikut group sini sdan sana. Bisa bahagia berkumpul dengan BHI, bisa gembira dianggap teman oleh Cah Andong, bisa bersyukur dikunjungi Tugu pahlawan, bisa senang dianggap bagian Blogfam …

  16. Oh ya … gagasan itu pernah saya lontarkan. Nah … dengan beberapa teman itu sudah saya ‘tekankan’ lagi. Beberapa orang merespon tu, awal 2008 dicoba digarap. Saya fasilitasilah kopi darat. Kalau mau diambil over, silahkan. Untuk pertemuan pertama, kalau di Banjarbaru, saya sediakan tempat dan komsusi. Bagaimana menurut Sampeyan?

  17. @ celo=3, Pyrrho, cK, Itikkecil
    Justru kalo cuma rame-rame ga perlu pake komunitas ‘resmi’ kan

    @ arya

    jangankan milis, ngurus blog sendiri saja kerepotan

    @ caplang

    Kesananya itu perlu perencanaan matang kan Bos, ga bisa asal sok-sokan sosial saja

    @ Kurt

    Hoho, ga konsen ya pak? Mikirin (si)apa?

    @ anna

    :mrgreen: lupa tokh, makanya saya nanya-nanya siapa lagi yang ada di sini.. Maaph.. Maaph..

    @ DB

    Persis! Di Banjarmasin juga masih FS minded, parah!

    @ Luthfi

    Pas dibaca saranmu kok kaya deklarasi partai politik ??

    @ anang

    Anang for Wapres Blogger!

    @ iman brontoseno

    Saya takutnya di situ pak, kalau-kalau ada ‘beban’ untuk melanggengkan komunitas itu nantinya.

    @ Ersis

    Saya tidak pengalaman mengorganisir orang lain pak, tapi kalau memang banyak manfaatnya, kenapa tidak kita mulai saja proses pembentukan komunitas ini? Ditunggu sarannya.

  18. penting yak? πŸ˜€

  19. @ venus
    da tau penting apa da, makanya bingung…

  20. yang kiayak gitu kan buat anak anak muda aja Dil…

    :mrgreen:

  21. buat komunitas luar jawa aja.. dari aceh sampe irian tumplek..plek jadi satu
    πŸ˜†

  22. Hush… Hus… Jangankan Kalsel, Kalteng jauh tertinggal tuh. πŸ˜†
    (meskipun Pak Urip, Bapak WP Indonesia ngeblognya dari Kalteng juga–yang lagi kuliah di Jogja)

  23. Gimana selanjutnya? Salam kenal.

  24. buat komunitasnya aja… ntar pasti banyak koq kelihatan.
    buktinya dulu, kirain blogger surabaya itu cuman dikit, ternyata bejibun πŸ™‚

  25. […] apa yang dibutuhkan untuk bisa membangun dan menjalankan komunitas? Berbekal kesamaan yang dilandasi komitmen yang kuat, visi dan misi yang […]

  26. yang jelas hal yang pertama dilakukan adalah kopdar dan kedua adalah bagaimana menambah jumlah blogger di kota kita sendiri,

    … komunitas tanpa perubahan sama dengan nol

    semoga komunitas blogger minang bisa maju

  27. hadir..!!! lam kenal.. πŸ˜€

  28. gak pake nama komunitas aja kita kumpul kok. kalo ada blogger datang, ya kita sambut. lagian kalo bikin komunitas, jangan-jangan berubah menjadi Klab Fans-nya Fadil *hueeek!* isinya cewek semua lagi entar πŸ˜€
    oya dil, banyak lo blogger banjarmasin.

    orang-orang kantorku:
    Anna di atas
    Mashuri (one of my sohib): http://mashuri.blogspot.com
    Bahri (juga one of my sohib): http://bakhriansyah.blogspot.com
    Memet: http://drmeitria.blogspot.com/

    anak FK:
    Yetty: http://yettysarah.wordpress.com/
    Ajib: http://jiib.wordpress.com/

    yang lain-lain lupa, tar dikasi tau lagi.

  29. ayo bikin..bikin.. aku daftar

  30. @ almas
    Buset dah, masa bikin komunitas non-java gitu? Diskriminatif πŸ™‚

    @ rozenesia
    Atau kita bikin komunitas kalimantan saja? Tapi kalau tidak salah itu sudah ada ya?

    @ harie insani putra
    Belum ada kelanjutannya mas, lagi sibuk, he..

    @ aRul
    Saya bingung nanti siapa yang ngurus, trus apa yang diurusin?

    @ dodot
    Maju minang! komunitas tanpa manfaat lebih baik tidak ada

    @ Teddy
    Lam nal lik

    @ mina
    Banyak ya min? Gimana kamu saja yang jadi pionirnya?

    @ yee
    hubungi mina :mrgreen:

  31. eh, iya. Setelah dibaca2 lagi, ini khusus blogger banjarmasin ya..? saya kan di banjarbaru.. hiks..

  32. Salam kenal. Bagus tu ide ngumpulin para blogger. Sapa tau bisa ngikuti jejaknya Pak Roni dgn komunitas TDA nya. Sukses

  33. halow.. baru ngeh ama tulisan ini πŸ˜‰
    anu.. begini..
    kalau masih dikit.. sering2 aja kumpul2 dulu, kopdar-kopdar ndak jelas.. lama-lama bisa jadi jelas kok πŸ˜‰
    kalau udah sering ngumpul, bakal tambah akrab.. dengan sendirinya akan terdeteksi juga blogger2 lain yang sedaerah..
    komunitas blogger regional nggak selamanya beranggotakan yg sedaerah lho, tapi ada juga yg warga sedaerah tapi domisilinya ga di situ, itu juga bisa dihitung.

    yak, kalau masih di bawah 10, kumpul2 aja dulu
    kalau udah 20-40 orang coba bikin satu kgiatan bareng, misalnya pelatihan blog di salah satu warnet.. pelatihan blog utk umum, panitianya ya yg sering ngumpul ini..
    kalau udah lebih 50 orang, bikin milisnya dulu :>
    lebih 100 orang, mari bikin webnya

    hehehehe..
    just my 2 cents from Makassar πŸ˜‰

  34. Walah lah ini sudah pada kumpul semua…….
    Yok arisan yuk
    Yuuuuuuuuukkkkkkkkkkkkkkk

    Salam,
    Real Imagink
    Total Digital Imaging & Printer Solution

  35. di tunggu ya gebrakannya anak banjar πŸ™‚

    aku juga mau gabung πŸ˜€

  36. sudah bulan juli 2008 nah, pabila jar realisasinya buhan blogger banjar neh. Mun unda nih umpat nebeng aja pang… partisisapi lah kesahnya…
    Hayoooo lakasiiii!!!

  37. betul dil

  38. Kalau komunitas yang solid udah kebentuk, banyak hal bisa dilakukan. Sosial, budaya, bahkan bisnis.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: