Kuliah Itu Bukan Cuma Hadir di Kelas

1 Desember 2007 pukul 21.53 | Ditulis dalam Uncategorized | 40 Komentar

Saya pernah kuliah, dan Alhamdulillah sudah lulus.

Saya pernah mengalami kebosanan,  luar biasa hingga sampai mempertimbangkan untuk berhenti kuliah.

Beberapa alasan yang membuat saya bertahan:

Pertama adalah saya ingin menjadi anak yang berbakti. Kedua orang tua saya ingin anaknya sarjana, dan saya ingin orangtua saya bahagia.

Kedua, saya menikmati aktivitas DILUAR proses belajar mengajar. Saya senang berkumpul dengan teman-teman saya. Saya senang berbagi  pendapat dengan teman-teman. Saya suka nongkrong bareng tukamg-tukang parkir kampus, sambil menikmati pemandangan mahasiswi-mahasiswi yang berseliweran.

Ketiga, terlepas dari beberapa dosen yang (mungkin) tidak kompeten,  penyelewengan dana perkuliahan yang (mungkin) terjadi, proses belajar mengajar yang (mungkin) ketinggalan jaman, serta mati suri akibat rutinitas membosankan, sebagian (sebagian besar mungkin) dari ilmu yang saya dapat semasa kuliah ternyata benar-benar bermanfaat ketika saya diluar kampus, di dunia nyata, dunianya orang dewasa.

Keempat, masa kuliah (S1) adalah masa terakhir saya mencari koneksi, pengalaman, cinta, teman, dan ilmu.

Karenanya, sebagai seseorang yang sudah pernah mengalaminya, saya menyarankan bagi para mahasiswa, sebaiknya masa kuliah jangan hanya dimanfaatkan untuk belajar di kampus. Cobalah mencari pekerjaan sampingan, cari kenalan sebanyak-banyaknya, dan terus menambah skill.

Apa lagi ya? Nanti saya tambah kalau sudah ingat. Yang jelas saya senang saya sudah lulus… :mrgreen:

40 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Vertamax. 😎
    *kapling tanah*

  2. *catat nasihat*

  3. Hetrix.

  4. *Lempar kondom bocor bekas pake buat p4ndu*

  5. lha, saya pas kuliah dapet banyak ilmu lho.. 😀

    *komen serius*

  6. kok link sudah lulusnya ke anto? 😆 😆

  7. nyentriiiiiiixxxx!!!! 8)

  8. gak penting buat cari kerja ya?

  9. kalau saya : saya senang belajar. 🙂

    dimana saja termasuk di ruang kuliah yang walaupun ber-AC dan harum tetapi membosankan.

  10. sayangnya nilai cuma didapat dari hadir di kelas 😛

  11. Percaya apa ndak.
    Sayah 2 kali masuk di dua universitas negri ternama di Indon ini.

    Total kuliah sayah 9 taon (!)
    Tapi nyang berlaku selama ini ternyata bukan dari ijazah sarjana sayah… (???)

  12. Percaya apa ndak.
    Sayah 2 kali masuk di dua universitas negri ternama di Indon ini…

    Total kuliah sayah 9 taon (!)
    Tapi nyang berlaku selama ini ternyata bukan dari ijazah sarjana sayah… (???)

  13. Percaya apa ndak.
    Sayah 2 kali masuk di dua universitas negri ternama di Indon ini..

    Total kuliah sayah 9 taon (!)
    Tapi nyang berlaku selama ini ternyata bukan dari ijazah sarjana sayah… (???)

  14. @ mbelgedez : ijazah master donks 😛

  15. monyet, itu kenapa ada link ke gw… 👿

  16. Pertanyaan OOT ini: Apakah drop-out itu suatu dosa? :mrgreen:

    Masalah utamanya, perguruan tinggi atawa kampus atawa akademi atau apapun namanya, sering cuma seperti menara gading yang mengangkat status ketika lulus, kemudian menjatuhkan lulusan ke kehidupan real dengan kegamangan karena teori dan praktek di lapangan berbeda…

    Untunglah sudah meninggalkan satu kampus demikian 🙄

  17. yang penting lulus ya.. hihi

  18. emang, kebanyakan orang kegirangan kalo udah kuliah, apalagi kalo udah lulus. dan orang yang pinter adalah belum lulus kuliah tapi udah kerja kaya saya dulu! hehehe…

  19. Sebenarnya masalahnya bukan apakah kuliah itu penting atau tidak. Apakah Drop Out itu memalukan atau justru jantan.

    Saya hanya mau menyampaikan, buat mahasiswa, karena saat ini kamu sudah ada di bangku kuliah, kenapa tidak memaksimalkan semua kesempatan dan potensi yang ada. Mumpung kamu kuliah.

    Buat yang merasa kuliah itu sia-sia, ya itu pilihan.

    Jalan hidup semua orang kan ga sama.

    Yang penting adalah memberikan yang terbaik di setiap jalan yang kita lewati atau pilih.

    Khususan buat ANTOBILANG, itu link biar kamu terpacu lebih giat mengerjaka skripsi, sayang…

  20. masa kuliah (S1) adalah masa terakhir saya mencari koneksi, pengalaman, cinta, teman, dan ilmu.

    Kok sama dgn omongan dosen saya kemarin ya?

    Yang jelas saya senang saya sudah lulus…

    Yeah! That’s the point!
    Hhhhfffffff…. 😕

  21. lulus? serius? kalo gitu SELAMAT!!!

    serius, ‘selamat’nya bukan nyela bukan ngeledek, hahahah…

  22. […] ingat percakapan pelajaran-tentang-kuliah antara teman saya yang lagi jaga tokonya  dengan seorang bapak-bapak pembeli : (BB) Bapak-Bapak : […]

  23. tapi ijazah cuma didapet kalo anda duduk manis di kelas.

  24. @rrrf
    Emang ente doang yang kerja sebelum lulus kuliah hah? Hah? HAH?

  25. siyal….

    tadi pagi cabut satu mata kuliah soalnya body lagi not delicious….

  26. sesuai dng judulnya…
    itu alasan saya sering berada di luar kelas
    karena masih banyak yg bisa dipelajari dalam kehidupan kampus, ga cuman duduk di dalem kelas :mrgreen:

  27. pasti ada yg komentar…
    “ah itu hanya pembenaran buat bolos kuliah”
    emang bener sih 😆

  28. mana ada kuliah Pengantar Hetrik Dasar?
    ga ada kan? kan??

  29. Komentar oleh Amed yang masih disuspend

    turut berduka, bro…

  30. lho bukannya datang and ttd doang ? 🙂

  31. @ Caplang™
    Sekarang udah balik lagi, thanks bro…

  32. Memangnya siapa yang baru lulus? Atau ada yang lagi males kuliah ya?

  33. Walah, saya kok malah pusing ya sewaktu lulus kuliah. Pusing gak punya status… he he. Karena kadang lebih terhormat punya status mahasiswa daripada dah lulus tapi ndak dapat-dapat kerja. Hwakakak… pemikiran kolot ya, makanya jangan punya cita2 jadi pekerja tapi pengusaha, he he…

    Selamat mas!

  34. saya baru mulai. .. harus mendengarkan nasihat yang sudah lulus

    tapi kedua orang tua saya ngga peduulil saya sarjana apa bukan.. yang penting jadi orang baik deh

  35. Cih… Kuliah…

    *titip absen buat bisa OL*

  36. Saya kok malah hobi kuliah ya (penyakit???).
    Rasanya senang ketemu teman, ada kegiatan-kegiatan lain. Memang benar, sebaiknya juga banyak aktifitas diluar kuliah, jangan hanya belajar di sekolah saja.

    Karena hobi kuliah, saat hamil pun saya ikut kursus, setelah kerja nerusin lagi…lha anehnya temen2ku yang pensiun malah pada lanjut ke S3…kalau ditanya…karena bingung dan bosen menganggur…hahaha. Untungnya saya dikenalkan dunia blog oleh anakku, jadi tak harus belajar di bangku kuliah lagi.

  37. Karenanya, sebagai seseorang yang sudah pernah mengalaminya, saya menyarankan bagi para mahasiswa, sebaiknya masa kuliah jangan hanya dimanfaatkan untuk belajar di kampus. Cobalah mencari pekerjaan sampingan, cari kenalan sebanyak-banyaknya, dan terus menambah skill.</blockquote?

    kenapa gak mencoba menjadi bos yang menggaji pekerjanya tiap bulan? 😉
    saya sudah mencobanya hohoho…

    😎

    tumben postinganmu agak sehat, dil?
    😆

  38. …saya menyarankan bagi para mahasiswa, sebaiknya masa kuliah jangan hanya dimanfaatkan untuk belajar di kampus. Cobalah mencari pekerjaan sampingan, cari kenalan sebanyak-banyaknya, dan terus menambah skill…
    ————————————-
    Saya setuju pendapat tsb, dan saya menganggap kuliah itu penting,dan sebenarnya ilmu yang didapat dari kuliah hanyalah ilmu dasar yang nantinya harus dikembangkan sendiri dalam bidang pekerjaan. Cara membagi waktu, antara kuliah, pacaran, main dan aktivitas lain-lain…juga merupakan ilmu manajemen pembagian waktu…nanti berguna saat bekerja ataupun berwirausaha.

    Saya bekerja diluar bidang ilmu saat kuliah, tapi tetap saja bersentuhan dengan apa yang pernah saya dapat saat kuliah. Juga banyak ilmu lain, yang tak terasa akan membentuk kepribadian kita.
    Dan kalau udah berani memulai (kuliah)…harus berani menyelesaikan, itu bagian tanggung jawab kita…bukan alasan ortu atau apa.

  39. wah anda memang bener2 manusia super…
    tukaran link yah…

  40. oh ya..
    skrg sy lagi kuliah nih mas..hehe,,makasih buat advice nya


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

