Kenapa Saya Pindah Ke WordPress

15 Maret 2007 pukul 22.03 | Ditulis dalam Uncategorized | 20 Komentar

Menanggapi pertanyaan dari Antobilang, serta untuk mengantisipasi pembunuhan karakter oleh oknum tidak bertanggung jawab yang mungkin mengira saya mencari popularitas belaka atau hanya ikut-ikutan trend, maka posting ini harus saya buat.

Disclaimer:
Tulisan berikut adalah pendapat pribadi tanpa maksud menyerang atau merendahkan atau mempengaruhi. Penulis bertanggung jawab sepenuhnya pada isi tulisan, tapi tidak mengakui segala dampak yang mungkin muncul dari tulisan ini.

Kenapa saya pindah ke WordPress?

1. Blog saya yang lama merupakan layanan jasa blog bebas bayar yang sebenarnya sangat memanjakan penggunanya. Kami disuguhi berbagai kemudahan yang luar biasa untuk orang awam komputer dan tetek bengeknya seperti saya. Hanya saja, kemudahan itu justru membuat saya menjadi terkesan bodoh. Saya menjadi sosok yang ‘terima jadi’ tanpa memikirkan ‘kenapa bisa jadi’. Padahal, untuk menjadi manusiasuper seutuhnya, saya berpendapat kita harus bisa mempertanyakan segala sesuatu yang masih perlu ditanyakan.

2. Blog saya yang lama memiliki kesan yang sangat eksklusif. Terjalin dengan jaringan jasa E-mail inovatif yang sangat keren. Namun sayangnya, eksklusifitas itu bukan menjadi gaya saya. Saya sangat tidak menyukai eksklusifisme di segala bidang. Menjadi eksklusif berarti membuat kita menganggap ada yang lain yang tidak eksklusif, dan bukankan semua manusia itu sama di hadapan Tuhan, kecuali amal dan ibadah perbuatannya?

Di WordPress, saya menemukan kebersamaan. Orgasme luar biasa saat berbagi ilmu yang kita temukan. Dan yang jelas, penghargaan yang murni terhadap individu tanpa memandang siapa dia.

3. Blog saya yang lama sangat mementingkan tampilan luar. Design template sangat beragam. Layout blog juga sangat variatif. Penataan tampilan diberikan kemudahan dengan sistem drag and drop yang luar biasa mudah. Ini tidak salah. Namun kontent justru terkadang terupakan. Padahal saya juga tipe manusiasuper yang lebih mementingkan isi dari pada penampilan. Sementara di WP, saya melihat ada semacam kesederhanaan yang saya sukai. Tampilan yang didominasi warna putih atau warna-warna lembut lainnya. ini juga menjadi salah satu pertimbangan.

4. Alasan yang paling utama dari perpindahan saya adalah tentang ‘komentar’. Blog saya yang lama – seperti yang saya bilang tadi – memang sangat memanjakan kami sebagai pemilik blog. Namun sayangnya, menganak tirikan pengunjung yang sangat saya hormati. Saya merasakan sendiri sulitnya menanggapi hasil postingan di blog lama saya itu. Apalagi bagi pengunjung di luar komunitas layanan blog saya. Awalnya, saya memang menganggap ‘komentar’ hanya efek samping dari sebuah blog. Saya tidak pernah menanggapi secara serius komentar yang masuk di posting-posting saya. Namun ternyata, saya salah!

“Komentar” merupakan bagian tidak terpisahkan dari sebuah blog. Ini bukan masalah popularitas, tapi masalah memahami dunia ide, dunia tulisan, kejadian, peristiwa dan segalanya yang ada pada suatu posting. Dengan ‘komentar’ penulis posting akan mendapat timbal balik dari apa yang ditulisnya. Memahami bahwa ada pendapat yang berbeda, ada yang mendukung, bahkan ada yang sekedar numpang koment saja.

Sama seperti dunia nyata bukan?

Sulitnya menanggapi posting (baca:koment) di Blog saya yang lama membuat saya mencari layanan blog yang lebih memanjakan pengunjung blog. Dimana fasilitas komentar diberikan tanpa memperdulikan dari blog mana tukang koment berasal. Tanpa blog pun mereka harus bisa mengutarakan pendapat atas posting yang mereka baca. Fasilitas itu, ada di WP.

Dan begitulah; di WP saya menemukan apa yang saya cari.

20 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. sebelumnya selamat untuk mas amd yang sudah berhasil merayu om super pindah ke wp.hahaha…
    saya sama sekali tak menyangka kalau om super ini bisa di rayu oleh laki2

    *lari, liat amd bawa bom molotov kesukaannya*

    *balik lagi*
    huahahahha….
    benar om, om super sudah berada di jalan yang di ridhoi oleh Allah tepat bila menjatuhkan pilihan di wordpress ini.

    Yang penting bisa bersilaturahmi dengan rekan2 dengan mudah, bisa komen2 dan tebar pesona dengan mudah…hahaha…selain itu menurut saya kekeluargaan disini amatlah baik, liat aja itu panduan tidak resmi wordpress, meskipun ga resmi, isinya lebih mudah dimengerti oleh orang awam macam saya…salut deh buat penghuni WP,hehe…


    selamat datang di dunia WP, om super!!!

  2. Satu lagi korban terjerumus kedalam lembah wordpress😀

    Jangan lupa set ke bahasa indonesia ya.

  3. jadi, blogroll saya harus diset ke yang mana neeh? 22nya?😀

  4. Nah kalau gini kan gampang kasih komentarnya, hak usah nulis “kata aneh” dulu😀
    Siip lah berarti sekarang ada dua “manusia” di WP; manusiasuper dan manusia biasa
    *sesama manusia dilarang saling mendahului ya😀 *
    Oom, permisi tak link yang ini ya…
    Téng kyu😀

  5. WP emang oyeee….

  6. welcome home…

  7. Dadi gak males sowan wonten dalem panjenengan mas. Dulu waktu di rumah yang lama, kayaknya angker gitu, ada tulisannya awas anjing galak lagi (bikin aras-arasen komentar). Selamat menjadi tetangga yang baik. Slametan pindahan rumahnya kapan?

  8. Wah meski ganti link/tautan nih… pun sumonggo mas, saya mau ganti tautan njenengan.
    Tulisan argumen khas wartawan…yah

  9. lam kenal mas, sebenanrnya pengen mbuka blog njenengan pas liat tautan di blognya pak urip, tapi gara2 alamatnya di tempat laen, ya males saya.

    sekarang saya tak sering2 jaln2 ke blog njenengan ya mas.
    ijin bikin linknya sekalian.

  10. @ Semua
    *mengusap-usap air mata dan air-air lainnya*

    Terima kasih sambutan…
    Tolong dibimbing biar tidak menjadi tetangga baru yang kurang ajar..

  11. Jawaban japri:
    Ke dashboard, masuk ke pilihan, trus dibagian umum cari kolom bahasa.

  12. Ya Tuhan, terima kasih engkau telah menyadarkan orang ini,dengan hijrahnya dirinya ke wordpress,telah membuat saya merasa nyaman untuk berkomentar,menghna,menghujat,dan menasehatinya.tanpa harus fill in the blank lebih dahulu

  13. Hmm… oknum yang tidak bertanggung jawab?
    I wonder…

    Btw ini kok kesannya tidak iklas gitu pindah dari “blog saya yang lama” (dilafadzkan sampai 5 kali???), emang kurang apa lagi sih?

    Padahal malam tadi sudah dengan bangganya memberitahukan statistik blognya yang dalam sehari dikunjungi 99 kali.

    *Kaborrr… ngejar si Antobilang dulu*

  14. ole!

    baru tahu kalau mas pindah ke wordpress…

    * makan-makan, tentunya🙂 *

    selamat tidur…🙂

  15. loh bukannya karna nge-pens ama saya jadi ikut2an hijrah k wp? -kedip2 geerin manusiasuper-

  16. Apa karena ” wartawan ” mesti ikut gerobak yang ada tulisan ” press ” nya🙂

    Well…Congrats…menempati rumah yg baru…
    Tapi rumah lama jgn dilupakan dong..

  17. Hidup wp !!!

  18. telat nh koment nya, tapi saya tetap setuju, Wp adalah wujud kesederhanaan yang berkelas dan punya kualitas….
    tabik!

  19. Wah, saya setuju sekali! Saya juga udah punya rencana bwt pindah ke WP. Masih dlm proses mindahin data-data.

  20. […] Setelah mendaftar pada 12 Desember 2006 di layanan Matt ini, manusiasuper.wordpress.com sempat tidak diurus hingga maret 2007. Saat itu akhirnya saya memutuskan pindah dengan alasan yang sudah saya tuliskan di sini. […]


Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

