Memory Twentiwan Banjarmasin

3 Desember 2006 pukul 11.44 | Ditulis dalam Uncategorized | 4 Komentar

Kabar baik itu di bawa bawel kemaren. Setelah ngobrol ke sana ke sini, tiba-tiba dia nyelutuk “Eh, twentiwan januari masuk Banjarmasin”

Saya yang sudah hampir kehilangan harapan terkait hal ini langsung terperangah, masa?? Beneran?? Ada bioskop di Banjarmasin?? AKAN ADA BIOSKOP DI BANJARMASIN????

SETELAH 10 TAHUN HANYA MENONTON PILEM BAJAKAN, AKAN ADA BIOSKOP DI SINI???

Mudahan kabar ini benar adanya. Karena sudah sedemikian kronis penyakit kurang hiburan di Banjarmasin, sampai rumah kebakaran pun jadi tontonan favorit.

Saya jadi mengenang masa-masa terakhir ketika twentiwan ada di Banjarmasin. Saya ingat betul, hari itu hari jumat, tanggal 23 mei 1997. Hari terakhir masa kampanye pemilu. Yang dapat jadwal kampanye adalah Partai Yang Warnanya Kuning (Waktu itu masih sistem 3 partai)

Siang itu, saya dan dan geng SMP Negeri 3 pecinta angkot pulang sekolah. Kalo saya tidak salah ingat, waktu itu ada saya, Amet, Ale, Ayu, Heri dan Cici. Ada beberapa anak lain tapi saya lupa siapa. Sesuai kebiasaan, kami tidak menunggu angkot di depan sekolah, tapi jalan dulu ke terminal di pasar Antasari yang jaraknya sekitar 1 kilo dari sekolah.

Di perjalanan, kami lewat depan Pusat Perbelanjaan Mitra Plaza. Ada Alm Twentione di sana (waktu itu seh belum almarhum). Dan dengan tersengan kami semua memandang baliho besar bergambarkan pahlawan hebat Batman! Batwan Returns akhirnya diputar di Banjarmasin!

Amet yang sedari kecil merasa mirip kelelawar langsung menawarkan untuk nontong bareng! Kami langsung setuju. Janjian jam 4 sore kumpul lagi untuk nonton. Kami pun pulang dengan hati berbunga-bunga, tidak sabar menunggu sore.

Jam 2 siang, Banjarmasin kerusuhan!! Massa yang beratribut partai warna hijau tiba-tiba menyerbu massa partai warna kuning yang sedang jadwal kampanye.

Anarki terjadi. Kerusuhan politik itu tiba-tiba jadi tidak terkendali. Massa ternyata juga menjarah toko-toko, pusat perbelanjaan, pasar dan rumah-rumah mewah, khususnya yang dimiliki oleh teman-teman saya yang kebetulan nenek moyangnya berbeda suku dengan saya. Mereka nenek moyangnya jauh, dari Gwang Zou sana.

Dan akhirnya, kerugiannya kami rasakan sampai sekarang…

The only one twentiwan di kota ini turut hangus di bakar massa. Konon, di dalam pusat perbelanjaan yang dibakar itu, ratusan penjarah ditembak dan turut dibakar…

Saya hingga kini tidak mengerti penyebab kerusuhan tersebut. Kota ini begitu damai sebelumnya. Meski memang, kesenjangan ekonomi masih cukup besar. Tapi sepertinya itu normal, selama yang berlebih adalah yang berkerja keras.

Oh iya, pada hari itu saya sebenarnya di ajak papi ikut pawai kampanye si partai kuning. Maklum, papi adalah guru yang PNS yang harus mendukung si kuning. Untungnya, kami pawai ke arah yang berlawanan dari Banjarmasin. Kami pawai ke Banjarbaru. Itu pun saya harus pulang tanpa baju karena ada isu sweeping dari simpatisan partai hijau. Yang make atribut kuning, dihabisi!

Untunglah… Kalo tidak, saya mungkin tidak ada di sini untuk memposting di blog ini…

4 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. tapi nonton di bioskop mahal …
    emang sih nontonnya lebih puas kalau nggak puas dengan layar 14 inchi-an

  2. duh…Banjarmasin…koq ingetan gue bagian toilet yang langsung nyemplung ke sungai ya, sekarang masih begitu nga ya….maaf

  3. wah.. beneran mau dibuat ya. Sekarang hiburannya udah nambah ^^

    Lam kenal yaa ^^

  4. @kikie
    beda banget kie, kalo di bioskop aura maksiatnya lebih kental, huehehe…

    @esti
    Astagfirullah! Seprimitif itu kah pikiran kalian tentang Banjarmasin??
    Tapi jawabannya: “Masih…” (Hiks..)

    @neeya
    tolong do’anya ya…
    Sudah bosan liat film bajakan yang kadang ada suara tepuk tangannya tanpa pemberitahuan…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: