Kak Seto dan Smackdown

27 November 2006 pukul 17.50 | Ditulis dalam Uncategorized | 2 Komentar

Tadi saya ketemu Kak Seto Mulyadi, di tivi. Tau Kak Seto kan? Yang dulu suka mainin sapi namanya si komo. Tau si komo? Yang dulu suka bikin macet jalan tahun 90-an. Sekarang? Tanpa si komo pun jalanan tetap macet. Terkutuklah Indonesia, yang membuat warganya tua di jalan! (Sedikit modifikasi dari qoute on Supernova: Ksatria, putri dan bintang jatuh by Dee)

Kenapa saya jadi membicarakan masa lalu?

Soalnya tadi, waktu Kak Seto diwawancarai di tivi, dia bilang prihatin. Kak Seto prihatin dengan kondisi saat ini, di mana anak-anak tidak lagi mempunyai lagu khusus untuk usia mereka. Kak Seto mengaku sedih, melihat banyak anak usia di bawah lima tahun dengan lancar menyanyikan lagu-lagu orang dewasa. Mending kalo yang dinyanyikannya masih sekelas Ada Apa Denganmu – Peterpan atau Akademia – Soundtracknya AFI. Lha yang sekarang marak, di mana-mana anak kecil nyanyi lagu SMS-nya Trio Macan plus Goyangannya! Paling tipis, nyanyi Jablai, mampus ga tuh…!

Setelah dengar Kak Seto bilang begitu, saya jadi sadar, benar juga ya.. Hampir 5 tahun terakhir, atau bahkan lebih, kita tidak lagi menemukan ada lagu anak-anak di Indonesia. Kalau dulu, wih, masih ingat jalannya lagu Abang Tukang Bakso? (Berasa tua banget dah…) Atau lagu jamannya Ria Enes sama “the singing doll” Susan, Ada Kodok E Kodok, E Kodok di pinggir Kali… (Sampai saya kelas dua SMP, saya masih yakin kalo Si Susan itu memang bisa bicara, naif banget, he)

Lalu kenapa sekarang kita tidak punya lagi lagu anak-anak terbaru, dan bahkan sekarang jarang sekali muncul penyanyi cilik? Padahal kita tidak mungkin lagi menyuruh Agnes Monika atau Joshua menyanyikan lagu diobok-obok airnya diobok-obok…

Jaman berubah memang, tapi sepertinya, ada beberapa dari kita yang terpaksa berubah bukan karena keinginan sendiri tapi karena terdesak jaman, karena kepongahan beberapa pemegang modal, karena agenda tersembunyi para mastermind, karena media, media, dan media.

From great power comes great responsibility

Dan sekarang, seorang anak usia 6 tahun tewas karena di-smackdown teman-temannya.

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. yah…dikirain ketemu kak seto beneran

    =p

    saya dulu suka si susan =)

  2. benx, kita bikin group spesialis nyanyi lagi anak-anak tuk? Yang lain yang mau ikutan juga boleh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: