The Da Vinci Code dan Banjarmasin

24 Juni 2006 pukul 18.05 | Ditulis dalam Uncategorized | 2 Komentar

Banjarmasin kembali mengecewakan diriku…
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, di kota ini tidak ada yang namanya bioskop alias movie theater a.k.a cinema atau apalah namanya tempat untuk melihat film-film baru.

Dan kali ini, kekecewaan kembali menyeruak (tssah, bahasanya…) ketika orang satu planet bumi dengan tegang memperhatikan adegan-demi adegan di film adaptasi novel Dan Brown “The Da Vinci Code”, kami di Banjarmasin hanya bisa membaca ulasannya di Koran berskala nasional. Celakanya lagi, karena koran-nya milik ******** maka ulasannya juga berat sebelah. Tau sendiri lah, The Da Vinci Code ceritanya tentang apa. Dalam ulasan yang gue baca itu, film yang disutradarai Ron Howard ini dibilang payah lah, jelek, ga pas, pemerannya ga tepat, bla, bla, bla…

Tapi sudahlah, itu masa lalu, sekarang gue udah dapat DVD bajakannya!

Tapi muncul satu masalah, Komputer gue belum dilengkapi DVD player, yang ada hanya VCD writer.. Biar gue masukin keping DVD-nya dua juta kali juga, tetep Sammy (nama komputer gue) ga bisa baca file-nya.

Akhirnya dengan tekat baja gue, kemaren malam gue ke rumah amed, minta burning DVD ke VCD, sekalian nengok nadira yang katanya sudah tambah panjang (beneran! Tambah panjang, walau masih melet-melet kalo tidur, he..).

Setelah main akal-akalan akhirnya bisa juga DVD “The Da Vinci Code” yang gue beli 9 ribu rupiah plus 8 film lainnya itu bisa masuk di 1 CD. Tapi karena format yang berbeda atau apalah kata amet waktu itu, film “The Da Vinci Code” hasil burning ini – meski bisa dibuka sama sammy – text terjemahan bahasa indonesia-nya kagak ada!

Tapi gue tetep keukeh nonton! Masa beli bukunya paling duluan se-Banjarmasin tapi nonton film-nya keduluan sama Amet & Mba Erna yang nota bene minjem bukunya dari gue??!! Mana lama banget lagi!! (Ga ada hubungannya seh, cuma emang pengen ribut aja,he..)

Akhirnya, meskipun tanpa text, gue nonton dengan modal english gue (Hei..! gini2 kan gue Sarjana S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, walau cuma lulusan UNLAM). Untunglah, karena sudah baca bukunya sampai 5 kali diulang, gue bisa ngikutin jalannya cerita film ini. Walau ada beberapa scene yang beda dari cerita buku, ini film memang keren! Sophie-nya cantik abis! (Mirip temen gue SMA – Palestina Nunci, mirip kurusnya bukan tampangnya, huehehehe…)

Ada moment ketika gue panik saat liat film ini…
Waktu itu kalo ga salah pas scene awal-awal, gue ga bisa ngerti dialognya!!! Masa english gue sudah seburuk ini seh?? Memang seh, kerjaan gue sekarang membuat gue ga banyak make English, tapi gini2 kan gue Sarjana S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, walau cuma lulusan UNLAM (perasaan sudah pernah baca kalimat ini… di manaaa gitu…). Dengan panic gue besarin volume speaker sammy, tetep kagak ngarti! Gue rewind filmnya sampai 4 kali tapi tetap ga nangkep dialog antara Bezu Fache sama Sophie Nevreu itu!! Gosh, what happen with my English??? Apa gue mesti kursus lagi? Padahal gini2 kan gue Sarjana S1 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, walau cuma lulusan UNLAM (DEJA VU lagi kan… kenapa ya..?) Apa gara2 film bajakan trus sound-nya jelek ya…? Tapi dialog yang lain jelas tuh… Vocabulary yang kurang mungkin? Atau burning-nya ga sempurna? Whaduh, pokoknya gue bingung!

Akhirnya, setelah rewind yang ke 7 kalinya, gue baru sadar, kenapa gue ga ngarti dialog di film ini, ternyata, KARENA WAKTU ITU MEREKA NGOMONG PAKE BAHASA PRANCIS!!!!

Wakakakakkakak…

Huff… Kapan Bioskop didirikan di kota tercinta ini ya…

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. =D haha.. very funny. Iya.. dalam bahasa Perancis.. Bagi siapa yang belum baca bukunya.. ga ngerti cerita nya maybe.😦

    So I suppose your English is still ok.

  2. asik … berarti di rental udah ada ..

    (meski entah kapan bisa sewa)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: