A story of a thesis

26 Mei 2006 pukul 11.20 | Ditulis dalam Uncategorized | 9 Komentar

Gue baru selesai mem-print out revisi terakhir skripsi gue..
Dan pengumuman sodara sodari, gue terharu sampai nyaris meneteskan air mata…!!!Ketika memandang hasil karya gue selama 2,5 (DUA SETENGAH!!) tahun yang dicetak oleh alat bermerk canon pixma iP1000 (yang paling murah yang bisa gue beli,he..), ketika menatap huruf-huruf dalam page set up 4-3-4-3 itu, ketika menyadari, berapa banyak yang sudah gue lakukan untuk menyelesaikan thesis berjudul A DESCRIPTIVE STUDY ON IDIOMS WITH MAGICAL TERMINOLOGY IN J. K. ROWLING’S “HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHOENIX” ini…

Mengenang kembali saat-saat awal, ketika gue mesti meyakinkan dosen pembimbing untuk sebuah kepercayaan gue kalo HARRY POTTER BISA DIJADIKAN BAHAN STUDY ILMIAH!! Ketika gue mesti melewati cibiran dari bahkan teman2 gue sendiri, yang tidak percaya sebuah POP-NOVEL bisa dibikin skripsi, ketika bahkan gue sendiri meragukan gue bisa melewati semua.

Tapi sekarang, at the end, here I am, with a solid real result, lembar-lembar hasil study selama 2,5 tahun, 30 bulan, 365+365+(365\2) hari (Jam-nya hitung sendiri deh, ada alasan kenapa gue milih jurusan bahasa kan?? Jangan maksa gue buat main hitung2an! Titik!).

Yang tersulit dari semua saat-saat pengerjaan thesis ini adalah ketika gue menyadari minimnya bahan-bahan pendukung. Gue bahkan tidak menemukan satupun buku atau artikel atau apapun dari perpustakaan UNLAM yang membahas masalah literature dari sudut pandang linguistics (Perpustakaan UNLAM, satu-satunya tempat dimana kalian bisa menemukan majalah keluaran tahun 1977! Atau buku paket dari awal tahun 70an yang berdebu, digerogoti rayap, dan itu, adalah perpustakaan Universitas yang mengklaim dirinya sebagai Universitas pertama di pulau Kalimantan! Satu-satunya hal positif dari perpustakaan UNLAM adalah ia begitu sepi sehingga merupakan lokasi yang tepat untuk pacaran, dengan suasana syahdu dan tanpa biaya apapun, IN FACT, I got my first kiss in this location, TIDAAAAAAKKK….).

Well, balik lagi ke cerita skripsi gue. Seperti gue bilang tadi, kendala utama adalah ketiadaan literatur-litaretur pendukung. Perpustakaaan tidak bisa dijadikan andalan, tapi untunglah, ada suatu penemuan abad 20 yang disebut INTERNET!!! 70 persen bibliography skripsi gue ini mungkin gue dapat dari situs-situs ilimiah di Internet. Thank to all of you, Microsoft or Contra-Microsoft.

Selain itu, gue juga punya beberapa teman yang entah saking setianya atau saking sama gilanya, juga membuat skripsi dengan tema yang sama. Sama-sama membahas sudut linguistics dari sebiah karya literature, meskipun kebanyakan mereka mengambil karya classic seperti Alice in Wolderland, atau Around the World in 80 Days. Walau begitu, sedikit banyak, adanya teman sepenanggungan ini bisa bikin gue berbagi catatan, hasil study atau berbagi stress yang menumpuk. Thanks a lot!!!

Selain itu, gue juga punya cewek yang tega menendang bokong gue pada saat-saat gue hampir menyerah, ketika harga diri gue turun sampai titik terendah dimana gue hampir memutuskan untuk membatalkan jalur skripsi dan mengambil jalur makalah biar cepat lulus.. It’s a great moment when she said she will never ever push me to finish my study and graduate and marry her as soon as possible… Walau ketika dia ngomong itu, gue ga yakin dia masih tidur atau dah nyadar, gue nelpon tengah malam buta soalnya, he…

Dan cobaan juga tidak berakhir ketika gue menapaki pintu sidang skripsi, ketika sejuta topan badai berkecamuk dalam hati pas menyadari nilai gue hanya B+!!! What the Heck..??!! Pas gue selidiki, dua dosen penguji gue ngasih nilai A, tapi satu dosen, yang tua, yang professor bahas, yang harusnya bijaksana, ternyata sama sekali tidak membaca skripsi gue itu, dan hanya memberi nilai berdasarkan judul!!! Well, just like what Ron Weasley said, kita ga bisa mendapatkan semua keinginan kita terwujud…

Dan setelah sidang pun, masalah belum berakhir, ketika gue mau menjilid skripsi gue itu, Flash disk, tempat gue menyimpan the one and only file skripsi revisi terakhir gue itu, HILANG!! Jadi lah gue mesti ngetik ulang beberapa bagian revisi yang seharusnya sudah gue lupakan itu. Untung masih ada back up revisi sebelunya di computer rumah dan kantor. Tapi tetep aja, baru empat bulan setelah sidang gue bisa memprint out hasil lengkapnya.

Tapi semua sudah berakhir, here they are, the beautiful words, phrases, sentences and chapters, all in A DESCRIPTIVE STUDY ON IDIOMS WITH MAGICAL TERMINOLOGY IN J. K. ROWLING’S “HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHOENIX”, A thesis by Fadil!!!

Tantangan terakhir adalah, menyerahkan jilidan thesis ini kepada dosen2 tercinta di kampus yang pasti akan mengajukan seribu satu pertanyaan kenapa gue baru sekarang ngumpulnya…

Dosen-dosen yang gue tau pasti, akan mengeluarkan seribu satu cara untuk mengingatkan gue, kalo mereka bukanlah dosen yang berniat merubah citra otoriter kampus ke arah yang lebih demokratis…

Wish me luck…

Catatan tambahan, setelah gue selesai memprint dan menjilid, baru gue sadari, ada dua halaman bernomerkan sembilan di thesis gue ini. Satu halaman akhir Chapter 2, satunya lagi awal Chapter 3… Berhubung gue orangnya perfeksionis, maka gue memilih untuk pura-pura tidak melihat kekeliruan itu!

Iklan

9 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. […] A Descriptive Study On Idioms With Magical Terminology In Harry Potter and The Order of the Phoenix. Sedang menunggu-nunggu orang ini, untuk membuatkan versi PDF-nya agar bisa saya bagikan di blog ini. […]

  2. wah, gw aja belum kelar2 nih skripsinya :((

  3. Resapi aja dalem2 to, ntar lo kangen lagi rasanya ngerjain skripsi, hohoho..

  4. Ternyata kamu penggemar brt harry potter juga ya…perjuangan yg hebat.kalo lw punya fs.add gw doank.lw punya merchandise harry apa aja?

  5. ya bgus lah

  6. bgus;;;;;;;;;;;;;;;;;]]]]]]

  7. saya doain semoga professor bahasa yang-merasa-gak-pernah-jadi-dan-tahu-perjuangan-mahasiswa itu cepet pensiun, AMIN

  8. eh..skripsi elo anpir sama kaya skripsi gw bout idiom2 gt..asli ni aja gw dbikin klenger ma skripsi gw ntu

  9. Bro, gw juga lagi bikin skripsi ttng idiom neh. Judulnya: An Analysis of Englis Idioms in the Matchbox Twenty’s Songs.
    Gw lagi berjuang tuk Seminar 2 ma pendadaran di bulan ini juga. Kalo gak DO deh..
    Bahan tentang idiom di perpus di kota gw minim Banget ( perpus kampus dan perpusda). Kebanyakan pengertian.
    yg gw cari sekarang ntu tipe2 nya idiom..
    pusiing dah gw.. di internet juga pada gak ada.
    Ada yg bisa bantuin gak neh buat referensi??
    PM gw ke judynth@yahoo.com ato
    judynth@hotmail.com ya bro2..
    thank you.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: