Kondisi Kelistrikan di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah

17 Desember 2007 pukul 10.59 | Ditulis dalam Uncategorized | 32 Komentar

Sejak beberapa tahun terakhir, seiring dengan pertumbuhan penduduk, kawasan pemukiman, industri dan ekonomi, Kalimantan Selatan mengalami krisis energi listrik. Krisis ini menyebabkan seringnya terjadi pemadaman listrik di seluruh daerah di kawasan ini.Setiap tahun, dengan alasan perawatan mesin, PT PLN Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng) juga harus mengambil langkah pemadaman bergilir, selama kurang lebih 1 hingga 2 bulan. Artinya, kawasan Kalselteng harus mengalami pemadaman listrik setiap 2 atau 3 hari sekali selama waktu tersebut. Biasanya, pola yang digunakan adalah 2 hari nyala 1 hari padam. Masih untung, tidak 2 hari mati 1 hari padam seperti yang dialami Cakmoki.

Namun pemadaman terjadwal itu bukan berarti bebas pemadaman mendadak. Sepanjang tahun, setiap 2 atau 4 minggu pasti terjadi pemadaman listrik. Itu NORMAL.

Saat ini, PT PLN Kalimantan Selatan dan Tengah memiliki beberapa sumber pasokan energi listrik, yaitu:

  • Pembangkit Listrik Tenaga Uap Asam-asam. Kapasitas 2 X 65 Megawatt (MW). Artinya ada dua mesin dengan kapasitas masing-masing 65 MW.
  • Pambangkit Listrik Tenaga Air Riam Kanan. Kapasitas 3 X 10 MW.
  • Pembangkit Listrik Tenaga Diesel Trisakti. Kapasitas 85,4 MW.
  • PLTG Trisakti. kapasitas 21 MW.

Selain itu, PLN Kalselteng juga memiliki 300 unit lebih PLTD dengan kapasitas kecil.

Secara keseluruhan, daya maksimal yang mampu disediakan PLN Kalselteng adalah 260 MW. Sementara kebutuhan pelanggan di wilayah ini pada beban puncak pmencapai 252 MW. Artinya, margin standar keandalan sistem tidak tercapai karena selisih daya dan kebutuhan sangat kecil 260 : 252.

Beberapa masalah yang kerap mengganggu pasokan listrik di Kalselteng diantaranya:

  • Penurunan debit bendungan riam kanan pada musim kemarau, padahal bendungan ini sumber utama energi PLTA riam kanan.
  • Perbaikan atau overhaul mesin PLTU Asam-asam yang harus dilakukan setiap tahun. Akibatnya, saat mesin dirawat, kemampuan PLN menyediakan listrik juga menjadi jauh berkurang.
  • Terhambatnya pasokan solar ke PLTD. Hal ini juga sering terjadi dengan disertai lempar tanggung jawab antara Pemerintah Daerah, Pertamina, dan PLN. Sejauh ini, yang paling sering ketiban sial disalahkan adalah Alam. Alam dituding mengalangi proses distribusi dengan banjirnya, surutnya air pelabuhan yang membuat tongkang tidak bisa bersandar atau kerusakan jalan.
  • Pencurian listrik. Tidak hanya listrik, di kalsel bahakan pernah terjadi PENCURIAN TOWER LISTRIK!

Sejauh ini, PLN telah mengelurkan rencana penanggulangan krisis energi ini dengan membangun beberapa PLTU tambahan. Sayangnya, PLTU ini diperkirakan baru dapat beroperasi paling cepat pada 2010 mendatang. Jadi hingga saat itu, kami harus terus bersabar menghadapi pemadaman bergilir ini.

Beberapa hal yang perlu ditanyakan:

Kenapa tidak sejak awal PLN dan Pemerintah membangun pembangkit listrik berdasarkan perkiraan pertumbuhan penduduk dan ekonomi? Padahal dengan perencanaan yang jelas, krisis ini tentu tidak perlu terjadi.

Kenapa investor swasta yang ingin membuat pembangkit sendiri harus (WAJIB) menjual listriknya ke PLN? Kenapa tidak dibebaskan saja pihak swasta menjual listrik mereka ke masyarakat. Tokh ini akan membantu PLN sendiri yang memang TIDAK MAMPU…

Kenapa listrik di Komplek perumahan Karyawan PLN tidak pernah padam saat ada jadwal pemadaman bergilir? :mrgreen:

Kenapa pencurian listrik tidak pernah ada tindak lanjutnya? Tidak pernah terdengar ada pelaku pencurian lsitrik yang dihukum di Kalsel.

Kenapa setiap kali terjadi pemadaman dengan alasan HAMBATAN DISTRIBUSI SOLAR PLTD selalu seiringan dengan kenaikan harga SOLAR INDUSTRI?

Beberapa pernyataan:

Saya dukung Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir!

Saya menuntut pemerintah pusat memperhatikan masalah energi di daerah dengan lebih baik!

Saya ganteng!

Sumber: PT PLN KALSELTENG dan Curahan Hati beberapa teman.

About these ads

32 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Dem!
    elu kagak usah mikir jauh2 sampe kalimantan yg jauh dr ibukota negara
    di kepulauan 1000 aja nih (yg lebih deket dr Jakarta) listriknya gak disediain ama pln
    pake genset sendiri
    itupun kapasitasnya gak gede
    oh iya, gw lupa .. elu di kalimantan ya
    *tepok2 jidat*

  2. satu bukti lagi akan ga matengnya rencana pemerintah

  3. wah jauh amat kalimantan….
    gimana nonton tipinya yah gak ada listrik…

  4. ARGHHHH… KALSELTENG memang payah listrikkk!!!\

    *untung lagi di Jogja*

  5. aihh….
    ndak cuma di kaltim ya? soale saia dolo fas tinggal di balikfafan, juga sering digilir… :cry:
    ndak tau sih skarang masi ofo enda…
    *konfirmasi ke bang erander*

  6. Memang sudah saatnya buat dibangun dan dijalankannya Pembangkit Listrik Tenaga Manusia!

  7. jangankan di kalimantan, di jakarta aja masih sering pemadaman listrik bergantian… :|

  8. tower listrik bisa ilang? alamak….

  9. Komentarin kata “saya ganteng”

    Apa hubungannya yah ama “Kondisi Kelistrikan di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah”????

    **mikirrrr……**

  10. kata-kata terakhirnya laknat banget. hapus! tidak sesuai dengan postingan!!

    *log out*

  11. INilah masalahkita yaa, banyak sekali.. Listrik itu kanenergi, ibarat manusia jantungnya sudah byar pet.. terus mau ngapain kalau gak ada listrik!

    saatnya bikin listrik dewek bos! :)

  12. dah ga heran ma pln, katro…
    ga cuma kalsel teng, kaltim juga senasib, mati idup mati idup, cape deh……..
    btw thnks dah mampir blog sy, mank skrg tinggal dikalimantannya dimana?

  13. artikel ini adalah artikel terbagus sepanjang karir ngeblogmu Kawan… hanya saja kata akata terkahir : Saya ganteng itu mengubah segalanya.
    :mad:

    *sign out*

  14. Terakhir ada fitnah besar…..!!

  15. * ngeliat tulisan ‘saya ganteng’ *

    * ngeliat judul *

    * kembali ngeliat tulisan ‘saya ganteng’ *

    Wah, kacau nih, tulisannya bagus, tapi kata-kata itu.. Ah baiklah, akan saya paksakan juga berkomentar..

    Jadi, kondisi kelistrikan kita memang cukup memprihatinkan. Bukan hanya di KalSel saja, di tempat lain pun banyak, bahkan ada juga yang lebih parah.

  16. Kawan saya yang tinggal di ibukota KalSel ini cerita tentang prestasi PLN… wah asyik katanya : bisa dipakai untuk sarana mengingatkan puasa Daud atau puasa Senin Kemis… sakin seringnya byarpet ! :(

  17. ga tahan dengan pernyataan terakhir … :|

    paradoks sekali,
    sebagai pulau berproduksi batubara terbesarrrrr,..
    malah masalah energi lokal tak terjawab..

    mikir..mikir…puyeng..

  18. nampaknya permasalahan di Indonesia tetap listrik dari tahun ke tahun setelah korupsi.

    Kalau tkanglistriknya di tambah gimana yach? mungkin kejadian listrik padam tidak akan ada lagi kali yach

  19. kan matinya cuma malem :D

  20. [...] derasnya arus agama. Kala itu memasuki bulan puasa, dan betapa kecewanya aku melihat pemerintah di provinsi yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa memberlakukan peraturan daerah yang serasa menyesakkan dada. Maka lahirlah sebuah surat yang [...]

  21. SOAL LISTRIK tak ada jalan keluar kecuali membangun pembangkit PLTU asam2 unit 3 dan 4.. mutlak itu.. tapi investornya manna? investor cuma bawa surat bukan bawa uang, he..he..

  22. kok pln bjm klh sm pln tjg.. gue org tjg yg kul dbjm.. ngerjain tgs jd terganggu krn listrik padam.. pas pulang ke tanjung selama sebulan,ga ad pemadaman listrik tuh.. tanjung emank hebat.. bangga gue jd org tanjung..

  23. [...] bisa jadi bahan inspirasi: Black Out-nya Sahrudin Catatan Ringan Sebuah Fenomena-nya Pakacil Kondisi Kelistrikan-nya [...]

  24. bangun pembangkit listrik tenaga gelombang laut aja bro..free..he..he
    lam kenal!

  25. ijin bro..linknya ta’ pasang di postinganku..
    e..biar g repotss, skalian ajalah ta’ pasang ditautanku!..trims

  26. PLN is the best, coz mereka yang buat kehidupan indonesia lebih baik…
    ya gak…????

  27. artinya gelap kl tdk ada listrik

  28. [...] makhluk tak berdaya seperti siput!! Dira juga masih takut gelap, dan bisa jadi amat ribut kalau listrik di rumah [...]

  29. [...] alat, penambahan jaringan, dan tentu saja penambahan pasokan setrum sehingga PLN Kalsel tidak lagi lemah syahwat seperti sekarang dan selama [...]

  30. [...] yang terlihat gemilang itu tak akan berjalan lama. Semoga tak ada lagi pemadaman karena katanya, kurang pasokan listrik. Semoga tak ada lagi lempar-lemparan kesalahan gara-gara orang miskin, apalagi mengingat kemiskinan [...]

  31. salam semangat ngeblog semuanya,,!!!mana tempat link sahabatnya ya,,kunjungi blog ku yang campur aduk nich,,kalau berkenan boleh tukeran link,,pasti tak link back juga

    http://yoyon12.wordpress.com

  32. eits….. kata siapa perumahan karyawan PLN ga ikut padam???????????????
    tiap kali padam, di Pondok Cahaya Mas jalan tantina Palangka Raya juga padam. . kalo pun nyala itu pake genset atau aki. . saya juga terganggu kalo listrik padam, tugas2 pun terbengkalai. . tapi alangkah bijak, cerdas dan dewasanya masyarakat jika menuntut hak dan menyampaikan complain kpd PLN dg cara yg baik dan beretika. . tidak menghujat dan mencaci maki. .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 48 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: